5 Langkah Penting di 24 Jam Pertama Bersama Kucing Peliharaan Baru 

Oleh Gilar Ramdhani pada 15 Jul 2021, 11:04 WIB
Diperbarui 15 Jul 2021, 11:04 WIB
Rayakan Tahun Baru dengan Staycation Bersama Kucing Kesayangan, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Mengadopsi kucing dan memeliharanya di rumah memberikan banyak manfaat bagi anggota keluarga. Mulai dari memiliki teman hidup dan bermain, mengajarkan kasih sayang dan kesabaran, hingga mengusir rasa stres dan bosan. 

Di balik manfaat besar mengadopsi kucing, sangat penting bagi pemilik untuk memperhatikan 24 jam pertama bersama kucing peliharaan baru. Sebab pada awal-awal menjalani kehidupan di lingkungan baru bisa membuat kucing merasa takut dan stres.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui dan lakukan di 24 jam pertama bersama kucing peliharaan baru.

1. Perjalanan pulang

Perjalanan pulang harus tenang dan sehalus mungkin, jangan bawa hewan lain dan jika memungkinkan tinggalkan anak-anak yang begitu bersemangat di rumah.

Kucing cenderung tidak menjadi pengelana yang hebat. Untuk meminimalkan stres, pastikan mereka diangkut dalam wadah yang nyaman, dibuat dengan baik, dan berventilasi baik. Termasuk tempat tidur memiliki aroma yang akrab dan meyakinkan bagi kucing. 

Kamu bisa menyemprot tempat tidur dan wadah dengan Feliway sebelum memasukkan kucing ke dalamnya. Feliway merupakan sebuah produk yang menghasilkan efek yang menyerupai facial pheromones yang secara alami diproduksi oleh kucing. Feliway berfungsi untuk membuat kucing merasa nyaman, membuat pikiran mereka rileks, dan santai. 

Jangan beri mereka makanan apa pun saat bepergian; jika mereka stres ini bisa menyebabkan mereka muntah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Beberapa Jam Pertama

Rayakan Tahun Baru dengan Staycation Bersama Kucing Kesayangan, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?
Perbesar
(c) Shutterstock
  • Menyediakan ruang yang Aman, Tenang, dan Aman

Jangan langsung memberikan kucing dengan terlalu banyak pengalaman baru dan merangsang ketika pertama kali tiba di rumah. Untuk hari pertama, mungkin lebih tergantung pada kucing, disarankan agar kucing tinggal di satu ruangan yang tenang untuk membantu mencegah mereka menjadi kewalahan.

Pastikan tidak mengizinkan hewan peliharaan lain masuk ke ruang ini pada awalnya dan berikan akses ke kotak pasir dan air bersih. Ruangan harus tenang dan nyaman, dan kucing harus bisa bersembunyi jika mereka mau. Jika tidak ada tempat tidur atau sofa untuk bersembunyi di bawah atau di belakang, maka kamu bisa membuat ruang persembunyian dengan kotak tertutup.

Jangan memaksakan interaksi dengan kucing lain karena itu bisa sangat membuat kucing baru merasa  stres dan menghambat keberhasilan ikatan.

3. Setelah Beberapa Jam

  • Perkenalkan Makanan

Lebih baik untuk memperkenalkan makanan setelah kucing memiliki setidaknya beberapa jam di rumah baru. Jika mereka mengambil makanan di awal tetapi cemas dan takut, itu bisa menyebabkan mereka muntah atau meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Kucing baru mungkin tidak makan selama satu atau dua hari pertama jika mereka sangat stres. Kecuali mereka terus menolak makanan setelah ini, itu bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza merupakan dry cat food yang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan kucing dewasa, seperti Omega 3 dan protein.

Kandungan nutrisinya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan penglihatan kucing, melancarkan pencernaan dan membentuk kotoran kucing agar menyerupai gumpalan sehingga kesehatannya bisa lebih terjaga. Muezza juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, lho. Yuk, beli langsung di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Setelah Setengah Hari

Muezza
Perbesar
Muezza.
  • Hati-hati Perkenalan dengan Keluarga Besar

Idealnya, kamu harus memberi kucing waktu tenang selama beberapa jam, untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jika, pada titik ini, kamu ingin menawarkan mereka sesuatu, lakukan ini secara bertahap dan tenang.

Adalah ide yang baik untuk mulai menghabiskan waktu di dalam ruangan, mungkin hanya membaca buku atau menonton acara TV yang tenang. Ini akan memungkinkan kucing untuk terbiasa dengan lingkungan kamu tanpa membuatnya terlalu stres atau mengganggu.

Jika kucing masuk ke tempat persembunyian saat kamu memasuki ruangan, jangan paksa mereka keluar. Biarkan mereka keluar saat mereka siap. Kamu mungkin bisa  menghadiahi mereka dengan camilan lezat jika mereka mendekati, itu sangat baik untuk membangun interaksi positif.

Jika kamu memiliki anak, pastikan mereka mengerti untuk tidak mengejar atau mengganggu kucing. Beri tahu bahwa mereka bisa berinteraksi jika kucing mendekati mereka untuk mencari perhatian.

5. Setelah 12 Jam

  • Memperkenalkan Mainan

Jika kucing kamu mulai berinteraksi secara sukarela dengan anggota keluarga, kamu mungkin bisa memperkenalkan beberapa mainan untuk melihat apakah mereka ingin terlibat dalam suatu permainan. Tentu saja, jika mereka masih merasa kewalahan, mainan mungkin harus menunggu beberapa hari lagi.

Nantikan artikel berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut apa yang tidak boleh dilakukan dalam 24 jam pertama.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya