Sukses

Buat Diri Lebih Bahagia, 7 Cara Bantu Tingkatkan Kesehatan Mentalmu

Beberapa cara ini bisa meningkatkan [kesehatan mental](4590205 "")mu dan membuat dirimu lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Dua tahun terakhir, dunia penuh dengan tantangan akibat adanya pandemi Corona Covid-19 yang mengharuskan diri untuk beradaptasi dengan berbagai hal baru. Seperti menggunakan masker, bekerja dari rumah dan hidup normal baru lainnya.

Akibat pekerjaan dan aktivitas yang dialihkan ke rumah, pasti banyak dari Anda merasa tertekan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Ditambah beban pekerjaan juga kesulitan menjalani waktu-waktu santai bersama teman yang pasti sangat berpengaruh pada kesehatan mental kita.

Namun, hal itu ternyata dapat diatasi dengan menjalankan beberapa cara yang dapat meningkatkan kesehatan mentalmu dan membuat dirimu lebih bahagia. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Jadikan dirimu lebih aktif berolahraga

Seperti melansir dari YahooFinance, Jumat (2/7/2021). enelitian yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi, Universitas Palo Alto membuktikan bahwa kegiatan olahraga memiliki banyak manfaat. Bukan hanya meningkatkan kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit, berolahraga juga memiliki efek untuk kesehatan mental.

Dengan berolahraga, otak akan merangsang saraf dalam tubuh untuk membuat manusia lebih produktif, sehingga energi positif yang disebabkan oleh hormon endorfin membuat manusia lebih bahagia dalam menjalankan aktivitasnya. Kegiatan berolahraga yang disarankan adalah selama 30 menit setiap harinya.

3 dari 8 halaman

2. Ciptakan kenyamanan dengan membatasi diri

Jangan salah paham dulu ya, maksud membatasi diri bukan berarti membatasi diri dari berhubungan sosial. Namun, berikan batas untuk diri Anda dengan mempertimbangkan hal-hal yang dapat dipertanggungjawabkan dan hal-hal yang bermanfaat untuk dilakukan di setiap harinya.

Seperti memberanikan diri untuk mengatakan ‘tidak’ karena dengan mempertimbangkan hal-hal yang Anda lakukan, Anda tidak akan merasa terbebani.

4 dari 8 halaman

3. Buat rencana hidup dari yang mudah dan simpel terlebih dulu

Mengurutkan rencana hidup mulai dari yang mudah dan simpel akan membuat Anda lebih terorganisir dan fokus pada hal-hal yang ingin dilakukan saat itu juga. Selain itu, Anda juga akan mudah bersyukur atas hal-hal kecil yang sudah atau belum diselesaikan.

5 dari 8 halaman

4. Tulis keluh kesah dan waktu bahagiamu

Menulis adalah salah satu alternatif diri untuk mengetahui perasaan yang sedang dialami, dengan menulis Anda dapat menghadapi keadaan yang tidak diinginkan dengan perasaan yang mendukung sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh emosi.

Mulailah dengan menulis hal-hal yang dianggap membahagiakan, mengecewakan, atau curahan hati diri sendiri.

6 dari 8 halaman

5. Dekati mereka yang menjadi support sistem-mu

Menurut Pacific Medical Centers dengan bantuan Dr. Jenny Le, kesehatan mental penting karena manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain dalam hidupnya.

Sehingga untuk menjalin hubungan yang baik, kesehatan mental dalam diri harus juga dikelola dengan baik. Untuk itu, Anda bisa mulai dekati orang-orang yang Anda percaya dan anadalkan agar bisa menjadi produktif bersama.

7 dari 8 halaman

6. Pikirkan kembali apa yang telah terjadi di 2020

Semua penyesalan, kenangan yang baik dan buruk di tengah pandemi ini pasti memberikan banyak pelajaran yang bermanfaat. Sehingga pembelajaran itu dapat Anda aplikasikan di kehidupan selanjutnya.

Pikirkan kembali apa yang selama ini telah salah Anda lakukan dan apa yang seharusnya diperbaiki

8 dari 8 halaman

7. Rehat sejenak dari media sosial

Nah, tips yang terakhir ini sangat penting karena kehidupan sebenarnya dinilai dari dunia yang nyata. Unggahan yang berada di Instagram atau platform media lainnya pasti seringkali membuat Anda membanding-bandingkan kehidupan yang satu dengan yang lain sehingga, rasa bersyukur sangat sulit diungkapkan.

Itu tadi tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental dan membuat diri lebih bahagia. Salam sehat dan bahagia selalu ya!

Penulis:

Cindy Aulia SilniKaffah

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.