Sukses

Bikin Penasaran, China Pamerkan Sampel Tanah yang Diambil dari Bulan

Sampel tanah Bulan ini diklaim sebagai koleksi Bulan pertama yang kembali ke Bumi dalam lebih dari 40 tahun.

Liputan6.com, Hong Kong - Selama ini Bulan hanya bisa dilihat dari kejauhan saja. Hanya astronot saja yang mengetahui seperti apa bentuk asli Bulan, satelitnya Bumi ini.

Sekarang kita bisa melihat Bulan dengan lebih dekat. Karena China berhasil membawa pulang sampel tanah dari Bulan. Sampel tanah itu saat ini dipamerkan di Hong Kong Convention and Exhibition Center.

Laman Xin Hua melaporkan, roket bulan milik China, Chang'e-5 yang membawa sampel seberat 1,731 gram tanah tersebut ke Bumi. Sampel tanah yang dipamerkan memang tak besar, tapi cukup untuk menjawab rasa penasaran kita. Tanah itu dipamerkan dalam bola kaca.

Tanah Bulan itu diambil oleh Chang'e-5 pada Desember 2020. Sampel tersebut diklaim sebagai koleksi Bulan pertama yang kembali ke Bumi dalam lebih dari 40 tahun.

"Ini adalah pertama kalinya tanah Bulan ditampilkan di Hong Kong. Hong Kong dapat memberikan kontribusi baru untuk masa depan teknologi ruang angkasa nasional," kata Kepala Eksekutif Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) Carrie Lam seperti dikutip dari laman Xin Hua, Minggu (27/6/2021).

Sampel tanah Bulan dapat dilihat Hong Kong Convention and Exhibition Center yang dibuka mulai 26 Juni sampai 7 Juli 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.