Sukses

4 Manfaat Membaca Ayat Kursi Disertai Arti dan Kisah Turunnya ke Bumi

Ada kejadian penuh ketakjuban tatkala Ayat Kursi diturunkan ke muka Bumi. Sesuai keyakinan agama Islam, seluruh jagat alam semesta beserta seisinya tunduk penuh hormat ketika menyambut kedatangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tatkala ada bisikan dalam hati untuk berbuat jahat, seorang muslim patut membaca sepenggal Ayat Kursi. Satu ayat yang menggemparkan jagat alam semesta ketika diturunkan ke Bumi. Maka, atas izin Allah SWT, niat jahat dalam hati bakal terhapus seketika.

Ada kejadian penuh ketakjuban tatkala Ayat Kursi diturunkan ke muka Bumi. Sesuai keyakinan agama Islam, seluruh jagat alam semesta beserta seisinya tunduk penuh hormat ketika menyambut kedatangannya.

Bukan hanya itu. Malaikat Jibril turun ke Bumi disertai 70.000 malaikat. Dikisahkan pula. kala itu Bumi menjadi gemetar dan terjadilah gempa di seluruh Bumi.

Seantero dunia. bergemuruh. Terdengar suara dahsyat yang tak pernah terjadi sebelumnya. Getaran tersebut bahkan mampu melepaskan mahkota di atas kepala para raja.

Bukan cuma umat manusia yang mengalami kegemparan. Diceritakan pula kelompok setan turut kocar-kacir. Mereka pun berlarian menuju pemimpinnya, iblis. Raja iblis kemudian memerintahkan setan mengusut sumber kegemparan tersebut.

Ternyata, getaran itu berasal dari kedatangan ribuan malaikat yang membawa Ayat Kursi kepada Nabi Muhammad SAW. Tak mengherankan, bila kemudian Ayat Kursi memiliki manfaat luar biasa besar bagi segenap umat Islam.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

4 Manfaat

1. Senantiasa Dilindungi Allah SWT

Manfaat pertama membaca Ayat Kursi, kaum muslim bakal memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Manfaat ini dapat dirasakan ketika setiap muslim maupun muslimat membaca Ayat Kursi setelah sholat saat pagi dan petang.

3 dari 7 halaman

2. Dilindungi 2 Malaikat

 

Bagi muslim maupun muslimat yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur, maka Allah SWT bakal memerintahkan dua malaikat untuk menjaganya selama tidur sampai pagi.

Abduraahman bin ‘Auf menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila masuk ke dalam rumahnya, dibacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi setan.

4 dari 7 halaman

3. Dijauhkan dari Kejahatan

 

Manfaat lainnya, bila membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada hari Jumat, maka akan terhindar dari kejahatan. Baik itu kejahatan dari manusia, hewan, maupun setan.

 

5 dari 7 halaman

4. Dijaga Ketika dalam Perjalanan

 

Selain itu, manfaat membaca Ayat Kursi adalah akan dijaga dalam perjalanan maupun ketika hendak memulai perjalanan. Allah SWT bakal memudahkan dan melindungi selama perjalanannya.

6 dari 7 halaman

Bacaan Ayat Kursi

 

Simak bacaan Ayat Kursi yang disebut ayat paling agung dalam Alquran:

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum.

Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih,

Ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa'

Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim.

7 dari 7 halaman

Arti Bacaan Ayat Kursi

Arti bacaan Ayat Kursi, sebagai berikut:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.