Sukses

Gajah Bikin Kaget Muncul di Dapur

Apa jadinya bila seekor gajah menyelonong tiba-tiba ke dalam rumah, tepatnya dapur? Inilah yang dialami satu keluarga di kawasan Pa La-U, Provinsi Hua Hin, Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Menempati permukiman atau mempunyai rumah pinggir hutan memang memiliki banyak risiko. Terutama saat malam hari, ketika banyak hewan liar berkeliaran di luar rumah dengan suara menyeramkan. Sesuatu hal yang menakutkan bagi yang tak biasa.

Namun, apa jadinya bila seekor gajah liar menyelonong tiba-tiba ke dalam rumah, tepatnya dapur? Inilah yang dialami satu keluarga di kawasan Pa La-U, Provinsi Hua Hin, Thailand, Minggu dini hari, 20 Juni 2021.

Kemungkinan didorong oleh bau masakan tengah malam, hewan berbelalai panjang itu menjulurkan kepalanya ke dapur. "Gajah datang untuk 'memasak lagi'," tulis Kittichai Boodchan, sang suami, dalam keterangan unggahan video di Facebook, seperti dikutip AFP.

Sang gajah terlihat menggunakan belalainya untuk mencari makanan melalui lubang pada dinding dapurnya.

Kittichai dan istrinya, Radchadawan Peungprasopporn, memang tinggal di dekat taman nasional di Thailand bagian barat. Di tepi danau di mana gajah liar kerap mandi sembari berkeliaran di hutan.

 

Menurut Kittichai, aturan umum dalam menangani 'pengunjung' yang tak diinginkan, yakni tidak memberi mereka makan. "Ketika tidak mendapatkan makanan, gajah pergi dengan sendirinya," ujarnya kepada AFP.

 

Gajah liar menjadi pemandangan umum di taman nasional Thailand dan daerah sekitarnya. Dengan petani terkadang melaporkan insiden buah dan tanaman jagung mereka dimakan oleh kawanan gajah yang kelaparan. "Saya sudah terbiasa dengan kedatangan gajah, jadi tidak begitu khawatir," Kittichai memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.