Sukses

Viral, Foto Matahari Warna-Warni Jepretan NASA Ini Bikin Warganet Kagum

Matahari yang berada dalam gelombang cahaya yang berbeda menghasilkan berbagai warna yang sangat indah.

Liputan6.com, Jakarta Beragam fenomena terjadi tidak hanya di Bumi, di luar angkasa banyak juga terjadi hal-hal yang menakjubkan. NASA yang merupakan badan antariksa pun banyak menangkap fenomena luar angkasa tersebut.

NASA memang sering kali membagikan momen yang terjadi di luar angkasa melalui media sosial yang dimilikinya. Banyak kejadian yang membuat warganet takjub melihat fenomena yang terjadi di luar Bumi tersebut.

Baru-baru ini NASA juga mengunggah foto-foto yang menunjukkan matahari dalam gelombang cahaya yang berbeda, yang dilansir dari Hindustan Times. Dalam postingan tersebut NASA membagikannya dalam beberapa foto dengan warna- yang berbeda-beda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunjukkan Matahari dalam Empat Warna yang Berbeda

Jika Anda menyukai konten yang berkenaan dengan hal-hal tentang Bumi, Bulan, Matahari, dan yang lainnya berada di luar angkasa, maka postingan NASA menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika tidak pun, postingan NASA terbaru ini akan membuat takjub saat melihatnya.

Dalam postingan tersebut, NASA menyebutkan US Postal Services baru-baru ini meluncurkan perangko dengan beberapa gambar indah Matahari. Terdapat enam foto dengan menunjukkan panjang gelombang cahaya yang berbeda pada matahari.

Pada foto pertama, menampilkan gambar yang dikolase menjadi empat dengan masing-masing panjang gelombang cahaya. Dalam kolase tersebut, pada foto pertama (kiri atas) tertulis “The Sun Solar Flare” yang berwarna kebiruan.

Lalu, pada foto ke dua (kanan atas) tertulis “The Sun Active Sun” yang berwarna kekuningan. Sedangkan pada foto ke tiga (kiri bawah bertulsikan “The Sun Plasma Blast” yang berwarna jingga atau oranye. Pada kolase terakhir (kanan bawah) bertuliskan “The Sun Solar Flare” yang berwarna hijau.

Pada tayangan selanjutnya terdapat GIF yang menampilkan matahari dalam panjang gelombang cahaya berwarna jingga. Begitu pun dengan yang selanjutnya, GIF yang menunjukkan matahari berputar dengan berwarna keunguan.

Tidak berbeda dengan yang sebelumnya, yang tayangan slanjutnya juga menunjukkan GIF yang berputar dengan warna oranye pekat. Ke dua foto selanjutnya juga memiliki format yang sama hanya saja dengan warna yang berbeda yaitu, hijau dan kuning. Gambar dan GIF tersebut terlihat sangat indah dengan warna-warna yang menarik.

3 dari 3 halaman

Postingan Diunggah oleh Akun @nasasolarsystem

Sejak diunggah pada 19 Juni 2021 lalu, postingan tersebut telah disukai sebanyak 41 ribu lebih para pengguna Instagram. Dalam unggahan tersebut jua dilengkapi dengan keterangan, “@USPostalService memulai musim panas dengan prangko baru yang menampilkan bintang favorit kami, Matahari.”, tulis akun tersebut yang menyebutkan gambar tersebut berasal.

“Prangko yang diterbitkan 18 Juni menampilkan pemandangan Matahari dari pesawat ruang angkasa Solar Dynamics Observatory @nasa. Mereka menunjukkan Matahari dalam panjang gelombang cahaya yang berbeda, menyoroti berbagai jenis aktivitas matahari yang terlihat di Matahari. Beberapa dari aktivitas matahari ini — seperti semburan matahari dan lontaran massa korona — dapat menciptakan cuaca luar angkasa yang memengaruhi teknologi kita di Bumi dan di luar angkasa,” lanjutnya keterangan tersebut.

Postingan tersebut banyak membuat warganet tercengang melihatnya sehingga banyak yang memberika reaksi pada kolom komentar. Beberapa komentar yang dituliskan seperti, “Saya sangat bersemangat dengan ini!!!”, tulis akun bernama @margauxz.

Akun lain yang bernama @farrugia.ruth berkomentar, “WOW LUAR BIASA terima kasih untuk foto tambahannya,” tulisnya yang juga memberi emoji hati. Berkomentar serupa, @dogboy442 menuliskan, “Video yang luar biasa!”, ulasnya tentang postingan tersebut.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.