Cara Menunjukkan Kasih Sayang pada Kucing, 6 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui!

Oleh Gilar Ramdhani pada 26 Jul 2021, 08:01 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 08:01 WIB
6 Cara Menunjukkan Kasih Sayang pada Kucing
Perbesar
Sumber: BoredPanda

Liputan6.com, Jakarta Kucing memiliki cara yang unik untuk menciptakan ikatan dengan sesama kucing, hewan lain dan juga manusia. Kucing akan berbaring berdekatan satu sama lain, membenturkan kepala atau bergesekan satu sama lain di daerah kelenjar aroma berada. 

Bila kucing menunjukkan sinyal-sinyal tersebut, maka kamu telah memenangkan hatinya dan dapat memberikan kasih sayang. Namun, hati-hati ya,  tidak semua kucing menikmati kasih sayang fisik yang manusia berikan. Menunjukkan cinta yang dibutuhkan kucing tidak sesederhana memberikan pelukan dan kamu bebas menyentuh tubuhnya.

Mengetahui dengan tepat bagaimana membalas kasih sayang mereka adalah kunci untuk memiliki ikatan cinta dengan kucing kamu. Berikut ini cara menunjukkan kasih sayang pada kucing:

1. Baca dan kenali bahasa tubuh kucing

Kucing memiliki bahasa tubuh yang sangat lembut yang dapat dimengerti manusia. Ketika ada kucing yang mendekatimu, jangan langsung mencoba menjangkau dan mengelusnya. Karena saat kucing mendekati manusia, itu mungkin memiliki banyak arti yang berbeda, dari menginginkan makanan hingga waktu bermain.

Sebelum mengulurkan tangan untuk menyentuh kucing, pastikan kucing bisa mengenali aroma unik kamu. Ini akan membuat kucing merasa nyaman dan mengizinkan mu untuk menyentuhnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Tahu daerah yang bisa dan tidak bisa disentuh

Kucing memiliki cara untuk menunjukkan kapan mereka merasa nyaman dan tidak, meskipun tidak semua kucing sama. Dengan mengetahui preferensi kucing dan memperhatikan reaksi maupun bahasa tubuh, maka kamu dapat membuat ikatan yang lebih baik.

Kucing paling senang disentuh di atas kepala, di belakang telinga, di bawah leher, dan di sekitar dagu. Mereka cenderung kabur saat kamu menyentuh ekor atau punggungnya.

3. Tidak Menggosok perut kucing

Tidak seperti anjing, banyak kucing tidak suka manusia menggosok perut mereka. Mungkin sangat menggoda untuk mencoba dan membelai perut kucing, tetapi itu adalah tindakan yang menimbulkan kecemasan bagi kucing.

Mereka sering masuk ke mode defensif karena fakta bahwa perut adalah bagian paling sensitif dari tubuh kucing. Bila kucing bereaksi negatif saat kamu menyentuh perutnya, kamu mungkin bisa terluka.

Namun, tidak sedikit juga senang perutnya sesekali dibelai. Ini karena hubungan saling percaya dan ikatan lebih dalam antara manusia dan kucing. Kesimpulannya adalah jangan jadikan menggosok perut kucing hal pertama untuk menjalin ikatan dengannya.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Tempat yang tepat untuk membelai kucing

Kucing memiliki kelenjar aroma yang sangat unik dan sensitif yang terletak di tubuh mereka yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan hormon beraroma sangat ringan yang unik untuk setiap kucing. Dan inilah spot manis dari kucing.

Mengetahui di mana harus menyentuh kucing dengan lembut, akan membuat mereka merasa aman dan akan lebih sering membuat mereka menginginkan lebih.

Berikut daftar semua tempat terbaik untuk memelihara kucing, pipi, di belakang telinga, di bawah dagu mereka , di antara telinga dan dasar ekor.

5. Belai seluruh tubuh kucing

Kucing suka dibelai hanya dalam satu arah, jadi cobalah untuk tetap konsisten daripada bergerak ke atas dan ke bawah. Jika kucing terbentang di depan kamu, mulailah dari dahinya dan kemudian usap dengan lembut ke pangkal ekornya.

Mulailah dengan ringan dan kemudian secara bertahap tingkatkan tekanan. Jika kucing senang, ia akan melengkungkan punggungnya untuk bertemu dengan tangan kamu. Hindari ekor mereka dan jangan mengubah arah belaian kamu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Hindari kaki sampai kamu mengenal baik

Banyak kucing tidak suka cakarnya disentuh sama sekali. Jangan mencoba membelai kaki kucing kecuali kamu mengenal kucing itu dengan baik. 

Mulailah dengan satu jari lembut dan lihat bagaimana reaksi kucing kamu. Tambahkan jari kedua dengan lembut jika kucing kamu tampak baik-baik saja, tetapi pertahankan tekanannya cukup ringan.

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya