Sukses

Sarapan Sehat dan Mudah Dibuat, Ini Resep Muffin Omelet Panggang

Menu sarapan yang mudah dibuat dan sehat seperti muffin omelet akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi pagi Anda, simak resepnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pagi, kita harus melakukan sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja di luar atau pun di rumah saja. Sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas dan membuat lebih berkonsentrasi  dalam melakukannya.  

Untuk mempermudah melakukan sarapan, maka diperlukan menu yang mudah dibuat dan enak. Walaupun begitu, menu sarapan juga sebaiknya memiliki nutrisi yang sehat agar bisa menghasilkan manfaat yang baik untuk tubuh.

Melansir dari Eating Well, salah satu menu sarapan yang sehat ialah muffin omelet mini. Muffin omelet mini ini mengandung protein sehingga cocok menjadi sarapan yang sempurna untuk pagi yang sibuk.

Tidak hanya itu, muffin ini juga menggunakan brokoli sebagai salah satu bahan dasarnya. Brokoli merupakan sayuran yang hanya memiliki sedikit lemak dan juda bebas akan kolesterol. Berikut beberapa nutrisi dan manfaat lainnya yang diberikan brokoli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nutrisi dan Manfaat dari Brokoli

Jika dilansir dari Verywell Fit, dalam satu cangkir brokoli cincang mentah terdapat 31 kalori, 6 gram karbohidrat, dan sedikit gula atau sekitar 1,5 gram. Lebih dari sepertiga karbohidrat atau 2,4 gram yang ditemukan dalam brokoli berasal dari serat.

Seperti yang telah disebutkan di awal, brokoli merupakan sayuran yang memiliki sedikit lemak dan bebas kolesterol. Selain itu, brokoli memiliki jumlah protein yang signifikan yaitu 2,5 gram dalam porsi satu cangkirnya.

Pada brokoli juga mengandung vitamin C yang bisa menjadi penambahh kekebalan tubuh yang sangat baik, menyediakan lebih dari 81mg. Ada juga vitamin K yang penting dalam kesehatan tulang dan penyembuhan luka. Brokoli pun merupakan sumber vitamin B folat yang sangat baik, dan sumber vitamin A, mangan, kalium, fosfor, dan vitamin B lainnya yang baik.

Dari beraga nutrisi tersebut, brokoli bisa membantu menurunkan berat badan karena terdapat kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi makanan kaya serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.  

Serat merupakan bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna sehingga dapat membantu mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, mengatur gula darah, dan membantu penurunan berat badan.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya serat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk diabetes tipe 2. Hal tersebut juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang diberikan brokoli bahwa makanan dengan serat membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikonsumsi dan memberikan rasa kenyang yang lebih besar.

Manfaat lainnya yang juga bisa didapat ialah membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik, bisa juga membantu mengurangi risiko kanker, dan juga bisa melindungi sel karena memiliki fitonutrien antioksidan tingkat tinggi.

3 dari 5 halaman

Bahan-Bahan

Untuk membuat muffin omelet 12 porsi atau potong ini dibutuhkan bahan-bahan yang cukup sederhana. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan, yaitu:

  • 3 iris daging asap, cincang
  • 2 cangkir brokoli cincang halus
  • 4 daun bawang, iris
  • 8 butir telur besar
  • 1 cangkir keju Cheddar parut
  • ½ cangkir susu rendah lemak
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan

Dalam membuat muffin ini diperkirakan memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk menyiapkan hingga memanggangnya.

  1. Panaskan terlebih dahulu oven hingga suhu 160-165 derajat celcius
  2. Lapisi loyang muffin yang memiliki cetakan sebanyak 12 cangkir atau cetakan lainnya dengan semprotan memasak
  3. Masak daging asap dalam wajan dengan menggunakan minyak di atas api sedang sampai renyah atau sekitar 4-5 menit
  4. Angkat daging dengan saringan agar minyaknya tidak terbawa ke piring yang sudah dilapisi tisu makanan
  5. Kemudian, masukkan brokoli dan daun bawang ke dalam wajan yang digunakan sebelumnya
  6. Masak dan aduk sampai lunak, sekitar 5 menit dan dinginkan selama 5 menit
  7. Dalam mangkuk besar, kocok telur, keju, susu, garam, dan merica
  8. Masukkan daging dan campuran brokoli ke dalam kocokan telur
  9. Bagikan adonan tersebut secara merata ke dalam cetakan yang telah dilapisi sebelumnya
  10. Panggang adonan tersebut sampai mengeras saat disentuh atau sekitar 25 hingga 30 menit
  11. Diamkan selama 5 menit sebelum loyang di ke luarkan dari oven
  12. Sajikan selagi hangat akan sangat menyenangkan
5 dari 5 halaman

Fakta nutrisi

Dalam perporsi muffin omelet mini ini mengandung: 212 kalori; protein 15.7g; karbohidrat 4.6g; serat makanan 1.1g; gula 2g; lemak 14.5g; lemak jenuh 6.3g; kolesterol 271.8mg.

Sedangkan, untuk vitamain dan mineral yang tersedia, yaitu: Vitamin a iu 1709IU; vitamin c 32.2mg; folat 67mcg; kalsium 219.6mg; besi 1.7mg; magnesium 26.8mg; kalium 288.4mg; natrium 485.8mg; tiamin 0,1 mg.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini