Zandvoort, Tempat Liburan Favorit Warga Jakarta Zaman Belanda

Oleh Nadya Isnaeni pada 23 Jun 2021, 10:05 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 10:05 WIB
FOTO: Libur Lebaran di Pantai Karnaval Ancol
Perbesar
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta merayakan hari ulang tahunnya yang ke-494. Kini kota yang dulu bernama Batavia ini menjelma sebagai kota metropolitan. Daya tarik kota ini terbukti sudah ada sejak lampau, ketika Belanda menginjakkan kakinya di Jakarta.

Sebelum menjadi kota modern seperti sekarang ini, Jakarta merupakan kota tempat Belanda mengendalikan perdagangan dan kekuasaan militer dan politiknya di Nusantara. Nah, pada zaman itu ada satu tempat rekreasi terkenal dan menjadi favorit masyarakat Jakarta, Zandvoort namanya.

Seperti dikutip dari laman Jakarta.go.id, Rabu (23/6/2021), Zandvoort adalah tempat pemandian yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namanya sama seperti taman pemandian di Belanda. Namun kemudian diucapkan oleh pribumi sebagai Sampur.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3 Km dari Ancol

FOTO: Libur Lebaran di Pantai Karnaval Ancol
Perbesar
Foto udara menunjukkan keramaian pengunjung saat berenang di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Ancol. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jarak Zandvoort Batavia sekitar 3 km dari Ancol, dan hanya 1 km dari stasiun Kereta Api Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dahulu Ancol masih berupa hutan belukar dan sarang monyet. Karena banyaknya monyet yang melintasi daerah itu, kendaraan yang lewat harus berhati-hati.

Menurut cerita, banyak masyarakat yang percaya jika para monyet itu memiliki seorang pemimpin yang dibernama si kondor.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Banyak Warga Belanda Membangun Vila di Ancol

Pada masa itu banyak warga Belanda membangun vila di Ancol, yang kala itu masih bernama Slingerland. Seperti Gubernur Jenderal Valekenier yang memiliki sebuah vila besar dengan taman luas.

Saat Lebaran tiba, masyarakat Jakarta ramai-ramai berekreasi ke Zandvoort. Hal ini berlangsung hingga tahun 1960-an.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓