Sukses

Zandvoort, Tempat Liburan Favorit Warga Jakarta Zaman Belanda

Daya tarik Jakarta terbukti sudah ada sejak lampau, ketika Belanda menginjakkan kakinya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta merayakan hari ulang tahunnya yang ke-494. Kini kota yang dulu bernama Batavia ini menjelma sebagai kota metropolitan. Daya tarik kota ini terbukti sudah ada sejak lampau, ketika Belanda menginjakkan kakinya di Jakarta.

Sebelum menjadi kota modern seperti sekarang ini, Jakarta merupakan kota tempat Belanda mengendalikan perdagangan dan kekuasaan militer dan politiknya di Nusantara. Nah, pada zaman itu ada satu tempat rekreasi terkenal dan menjadi favorit masyarakat Jakarta, Zandvoort namanya.

Seperti dikutip dari laman Jakarta.go.id, Rabu (23/6/2021), Zandvoort adalah tempat pemandian yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namanya sama seperti taman pemandian di Belanda. Namun kemudian diucapkan oleh pribumi sebagai Sampur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Km dari Ancol

Jarak Zandvoort Batavia sekitar 3 km dari Ancol, dan hanya 1 km dari stasiun Kereta Api Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dahulu Ancol masih berupa hutan belukar dan sarang monyet. Karena banyaknya monyet yang melintasi daerah itu, kendaraan yang lewat harus berhati-hati.

Menurut cerita, banyak masyarakat yang percaya jika para monyet itu memiliki seorang pemimpin yang dibernama si kondor.

 

3 dari 3 halaman

Banyak Warga Belanda Membangun Vila di Ancol

Pada masa itu banyak warga Belanda membangun vila di Ancol, yang kala itu masih bernama Slingerland. Seperti Gubernur Jenderal Valekenier yang memiliki sebuah vila besar dengan taman luas.

Saat Lebaran tiba, masyarakat Jakarta ramai-ramai berekreasi ke Zandvoort. Hal ini berlangsung hingga tahun 1960-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.