Sukses

Lucunya Panda Berwarna Cokelat Ini, Satu-satunya di Dunia

Selama ini panda identik dengan warna bulunya yang putih dengan motif hitam, namun berbeda dengan pada satu ini.

Liputan6.com, Shaaxi - Siapa yang tak gemas melihat panda? Mamalia lucu yang hobi makan bambu itu memang menggemaskan karena posturnya yang mirip dengan boneka.

Selama ini panda identik dengan warna bulunya yang putih dengan motif hitam. Namun ternyata, ada panda dengan warna yang tak umum, yakni bermotif cokelat. Uniknya, panda cokelat ini cuma ada 1 di dunia.

Nama si panda adalah Qi Zai, usianya sekitar 12 tahun. Dikutip dari Xinhua, Rabu (23/6/2021), panda cokelat ini berasal dari Pegunungan Qinling di Zhouzhi, Xi'an, barat laut Provinsi Shaanxi, China.

Posturnya hampir sama dengan panda pada umumnya. Cuma warna cokelat pudarnya saja yang membedakan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbeda dengan Panda Pada Umumnya

Namun Qi Zai yang merupakan subspesies panda raksasa Qinling memiliki tengkorak yang lebih kecil dan lebih bulat dibandingkan dengan panda raksasa subspesies Sichuan yang lebih terkenal.

Selain itu, moncong panda Qinling juga yang pendek dan bulunya lebih sedikit. Sebenarnya Qi Zai juga sempat dijodohkan dengan panda betina bernama An An pada 2018. Namun perjodonan mereka usai pada pertengahan Maret 2020.

 

3 dari 3 halaman

Ditemukan Sejak 1985

Belum banyak informasi mengenai panda cokelat ini. Namun panda berwarna unik tersebut sebenarnya sudah ditemukan sejak 1985 di Pegunungan Qinling.

Para ahli percaya, panda cokelat ini muncul karena mutasi genetik atau atavisme. Atavisme adalah kemunculan karakteristik dalam organisme setelah absen selama beberapa generasi.

Saat ini Qi Zai tinggal di Science Park yang terletak di barat laut Provinsi Shaanxi, China. Anda bisa melihat si panda secara langsung di sana. Karena taman yang berdiri di lahan seluas 28 hektare itu sudah dibuka untuk umum sejak akhir Mei 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.