Sukses

12 Cara Diet Sederhana yang Bantu Turunkan Berat Badan, Anti Ribet

Siapa sih yang tak mau punya tubuh ideal, langsing nan sehat? Namun untuk mendapatkan badan impian itu diperlukan perjuangan lewat diet dan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tak mau punya tubuh ideal, langsing nan sehat? Namun, untuk mendapatkan badan impian diperlukan perjuangan lewat diet dan olahraga. 

Jika Anda sudah menjalani diet beragam jenis namun masih gagal juga, coba cara diet dari Inggris ini. Cara diet dari negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini pun tak susah untuk diikuti.

Anda bahkan tak perlu menghindari makanan kesukaanmu. Meski sedang diet, Anda tetap bisa makan burger, pizza, atau makanan kesukaanmu yang lain. Namun tetap dengan batasan.

Badan Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS/National Health Service) dalam lamannya, nhs.uk, merilis 12 panduan untuk diet. Seperti yang Liputan6.com rangkum, Rabu (30/6/2021).

Penasaran kan bagaimana caranya diet dari Inggris? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan. Karena itu tak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Jika melewatkan sarapan, Anda tak mendapatkan asupan nutrisi dan mungkin berakhir dengan mengemil sepanjang hari karena kelaparan.

2. Waktu Makan

Makanlah dengan pola waktu yang sama setiap harinya. NHS mengungkapkan, dengan waktu makan yang terjadwal membantu membakar kalori lebih cepat. Dan juga mengurangi keinginan untuk mengemil makanan yang tinggi lemak dan gula.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran dalam porsi banyak dipercaya dapat membuat usaha menurunkan berat badan sukses. Buah dan sayur mengandung banyak serat, dan tinggi vitamin serta mineral.

4. Olahraga

NHS menuliskan, olahraga merupakan kunci sukses menurunkan berat badan. Selain manfaat kesehatannya, olahraga juga membantu membakar kalori yang tak bisa dihilangkan lewat diet saja. Ayo temukan olahraga favoritmu.

3 dari 4 halaman

5. Minum Air Putih

Banyak yang salah mengartikan rasa haus mereka sebagai rasa lapar. Sebenarnya haus, namun berakhir dengan mengonsumsi makanan dengan kalori berlebih. Padahal yang sebenarnya diperlukan adalah segelas air saja.

6. Cari Serat

Makanan yang tinggi serat dapat membantu untuk membuat kenyang. Serat ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan. Selain buah dan sayur, serat bisa didapatkan dari pasta, kacang-kacangan, oat dan lainnya.

7. Baca Label Makananmu

Bacalah label makanan yang kita konsumsi. Ini dapat membuat kita memilih pilihan makanan yang lebih sehat.

8. Piring Kecil

Gunakan piring kecil dan sesuaikan porsi makananmu dengan wadahnya. Membutuhkan waktu 20 menit bagi perut untuk mengatakan kenyang kepada otak. Jadi mengunyahlah dengan perlahan dan berhenti makan sebelum Anda kenyang.

4 dari 4 halaman

9. Tak Ada Pantangan

Jangan menghindari makanan tertentu saat diet, khususnya yang menjadi favorit kita. Menghindari makanan kesukaan kita justru akan membuat semakin menginginkannya hingga bisa lepas kendali. Tak ada alasan tak bisa menikmati makanan favorit saat diet selama kita tetap memperhatikan jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh.

10. Jangan Menyetok Junk Food di Rumah

Untuk mencegah godaan, jangan pernah menyimpan cemilan junk food, seperti cokelat, biskuit, keripik, dan minuman manis di rumah. Daripada menyimpan mereka, kita bisa menyetok camilan sehat, seperti buah, kue oat, kue beras dan juga jus.

11. Jangan Minum Alkohol

Segelas minuman wine mengandung banyak kalori serupa dengan sepotong cokelat. Lagi pula mengonsumsi minuman beralkohol dapat berkontribusi untuk kenaikan berat badan.

12. Rancang Menu Makanmu

NHS menyarankan, untuk merencanakan sarapan, makan siang, makan malam dan juga camilanmu selama seminggu.

Lalu pertimbangkanlah jumlah kalori dari setiap makanan yang dimasukkan ke dalam daftar menu harian. Cobalah juga membuat daftar belanjaan mingguan. Itu mungkin akan membantu. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.