Sukses

Cara Terbaik Bantu Kucing Kesayangan Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan bukan hanya menjadi masalah bagi manusia lho, tapi juga berlaku untuk hewan peliharaan berbulu alias si kucing.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan berat badan bukan hanya menjadi masalah bagi manusia lho, tapi juga berlaku untuk hewan peliharaan berbulu alias si kucing. Kucing yang kelebihan berat badan memiliki peningkatan risiko mengalami diabetes, penyakit hati, hingga masalah persendian karena berat badan yang ekstra.

Masalah kesehatan terkait berat badan lainnya di kucing berkisar pada penurunan stamina, malas olahraga dan juga masalah saluran kemih. Maka dari itu, menjaga berat badan kucing tetap normal dapat membantu mereka tetap sehat dan hidup lebih lama dengan pemiliknya.

Meskipun kucing gemuk terlihat lucu dan menggemaskan, kucing yang kelebihan berat badan memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan risiko kesehatan yang serius, jadi penting untuk membantu kucing kamu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Berat Badan Kucing

Dikutip dari pawp.com, berat badan kucing akan bervariasi berdasarkan rasnya dan ukuran umum tubuhnya. "Kebanyakan kucing dewasa, tergantung pada jenis kelamin dan jenisnya, harus menjaga berat badan yang sehat antara tujuh dan dua belas pon," kata Cullen M. Dauchy, DVM, seorang dokter hewan di Katy, Texas.

Menurut International Cat Care, jika seekor kucing memiliki berat 10 hingga 19 persen di atas berat optimalnya, ia dianggap kelebihan berat badan. Jika beratnya 20 persen atau lebih dari berat optimalnya, itu dianggap obesitas.

Tanda-tanda bahwa kucing Anda terlalu gemuk

  • Perut besar, longgar, atau kendur yang menggantung
  • Lapisan ekstra di sekitar tulang rusuk kucing Anda
  • Lemak yang terlihat menutupi tulang belakang dan bahu kucing Anda

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan kucing, termasuk gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kecintaannya pada makanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Terbaik Mengatur Berat Badan Kucing

Cara terbaik untuk mengatur berat badan kucing Anda adalah dengan menjaganya agar tidak kelebihan berat badan sejak awal. Mulailah dengan memastikan kucing kamu cukup berolahraga dan tidak memberinya makan berlebihan

1.  Kurangi makan kucing Anda

Para ahli di Cummings School of Veterinary Medicine at Tufts University merekomendasikan untuk mengurangi jumlah makanan kucing yang kelebihan berat badan sebesar 20% hingga 30%. Ini dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang mereka konsumsi, yang dapat membantu mereka menurunkan berat badan.

2. Beri makanan khusus penurun berat badan

Jika kucing kamu kelebihan berat badan, dokter hewan mungkin menyarankan untuk memberi mereka makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk menurunkan berat badan. Makanan ini lebih rendah kalori dan dibuat khusus untuk membantu kucing menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2015 di Journal of American Veterinary Medical Association menemukan bahwa kucing yang kelebihan berat badan berhasil dan secara konsisten menurunkan berat badan saat diberi makanan penurun berat badan. 

Studi lain yang diterbitkan pada Februari 2018 di American Journal of Veterinary Research menunjukkan bahwa kucing berhasil menurunkan berat badan ketika diberi makan protein sedang, diet tinggi serat. Jadi, jika kucing kamu kelebihan berat badan, cobalah mengubah pola makannya.

3. Bantu kucing rutin bergerak

Mendorong kucing kamu untuk bergerak lebih banyak dapat membantu mereka membakar kalori dan meluruhkan lemak. Pertimbangkan untuk memberi mereka mainan yang mendorong gerakan, seperti penunjuk laser, yang dapat kamu gerakkan sehingga kucing Anda dapat mengejarnya.

Kamu juga bisa mengajak kucing jalan-jalan. Ada kalung yang dibuat untuk kucing, dan jika kamu bersedia meluangkan waktu untuk melatihnya, kamu bisa membuat kucing berjalan-jalan di sisimu dengan senang hati.

3 dari 3 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.