Sukses

Bantu Dapatkan Tubuh Ideal, Ini 5 Manfaat Konsumsi Selai Kacang

Bisa mendukung program olahraga hingga tidak menyebabkan penambahan berat badan, inilah beberapa manfaat selai kacang yang termasuk superfood.

Liputan6.com, Jakarta Dalam melakukan olahraga perlu adanya dukungan yang tepat, khhususnya berasal dari makanan untuk dikonsumsi. Untuk itu, pengaturan pola olahraga juga perlu diseimbangkan dengan pola makan sehat agar bisa menghasilkan manfaat yang baik.

Saat melakukan olahraga secara teratur, berlari jarak jauh, atau olahraga lainnya, pasti memutuhkan nutrisi terbaik untuk memberi makan tubuh dan juga pikiran. Melansir dari Verywell Fit, salah satu makanan yang bisa mendukung pola olahraga ialah selai kacang.

Selai kacang memiliki rasa yang lezat dan menyediakan kalori padat nutrisi untuk mengisi tubuh. Tak hanya itu, selai kacang juga mengandung lemak sehat, dan dikemas dengan protein untuk menghasilkan energi yang bertahan lama.

Pada tahun 2020, analisis dari 13 studi dipublikasikan di Critical Reviews of Food Science and Nutrition, melaporkan bahwa mengonsumsi kacang tanah yang berlangsung setidaknya 12 minggu, tidak menyebabkan penambahan berat badan, tetapi dapat meningakatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Namun, selai kacang merupakan salah satu makanan paling umum yang menyebabkan reaksi alergi, baik pada anak-anak atau orang dewasa. Untuk yang tidak bermasalah dengan alergi, selai kacang merupakan super food yang cocok untuk gaya hidup aktif secara fisik.

Berikut ini 5 manfaat kesehatan yang diberikan selai kacang untuk mendukung program olahraga yang Anda lakukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Selai Kacang Memiliki Nutrisi Superfood

Saat ini, selai kacang telah mencapai status makanan super. Selai kacang juga sering kali menjadi makanan yang dikonsumsi para atlet dari beberabagi macam olahraga. Dalam selai kacang ini kaya akan niasin, folat, vitamin E, dan mineral penting lainnya, serta tingi akan serat dan protein.

3 dari 6 halaman

2. Selai Kacang Sebagai Bahan Bakar Tubuh

Dalam mengonsumsi makanan, pasti makanan nutrisi yang berkualitas harus dijadikan hal utama. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi ialah selai kacang, dengan memasok energi penopang dalam 2 sendok makan memeberikan 100 kalori dan 4 gram protein.

Saat melakukan olahraga yang keras atau membutuhkan daya tahana lama, maka bisa mengonsumsi selain untuk memberikan nutrisi tersebut. Alasan tersebut dikarenaka kandungan protein yang diperlukan pada daftar nutrisi Anda.

4 dari 6 halaman

3. Selai Kacang Mengandung Protein untuk Perbaikan Otot

Pada kacang tanah mengandung 7 gram protein dalam 1 ons, sedangkan kacang lainnya hanya berikan 4-6 gram protein. Kandungan protein tersebut dibutuhkan saat latihan memecah otot dan membutuhkan asam amino untuk memperbaiki kerusakan.

Asam amino ialah bahan pembangun protein yang memainkan peran penting dalm sel, otot, dan jaringan untuk mempertahankan fungsi tubuh secara optimal. Dalam kebutuhan protein harian, diperlukan sekitar 1,2 gram hingga 1,8 gram per kilogram berat badan, yang tergantungjuga pada olahraga dan gaya hidup.

5 dari 6 halaman

4. Selai Kacang Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Sebuah lembaga Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk memilih lemak sehat yang terdapat dalam selai kacang. Mereka juga menyarankan untuk mengaduk minyak alami yang terdapat pada bagian atas selai kacang daripada membuangnya.

Pada selai kacang memang rendah terhadap lemak jenuh dan juga kolesterol, sehingga penelitian menyebutkan bahwa bisa meningkatkan kolesterol baik. Walaupun begitu, selai kacang tidak menyebabkan berat badan bertambah atau peningkatan kolesterol jahat.

6 dari 6 halaman

5. Selai Kacang Meningkatkan Berat Badan

Kenaikan berat badan terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi kalori dalam sepanjang hari dan tidak membakarnya dengan aktivitas fisik yang cukup. Walaupun begitu, perlu tetap memantau ukuran porsi saat mengonsumsi selai kacang untuk menjaga berat badan tetap optimal.

Salah satu studi menunjukkan bahwa selai kacang bisa membuat lebih kenyang atau merasa puas. Kacang tanah memang tidak menyebabkan penambahan berat badan saat menjadi bagian dari diet seimbang sehingga bisa dijadikan makanan yang tepat untuk menjaga berat badan.

 

Itulah 5 manfaat yang diberikan selai kacang untuk mendukung program olahraga yang Anda sedang lakukan.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.