Sukses

Selain Sebagai Tradisi, Ini Alasan Orang Jepang Suka Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jepang - Teh hijau merupakan minuman khas Jepang yang telah menjadi budaya. Minuman ini sering dijumpai di restoran Jepang yang disediakan gratis dan pada acara penting.

Di rumah-rumah Jepang dan acara-acara penting, teh hijau menjadi simbol untuk menyambut tamu.

Tradisi ini kemudian menjadi suatu budaya yang sering dikenal dengan sebutan upacara minum teh. Sehingga masyarakat Jepang menjadikan teh hijau sebagai pilihan menu di pagi atau sore hari.

Teh hijau terbuat dari tanaman cha atau teh, dan pohon cemara Camelia Sinensis. Pada abad ke-9, teh hijau pertama kali dibawa dari China ke Jepang untuk dijadikan obat. 

Nah, penasaran mengapa orang Jepang gemar minum teh hijau? Berikut beberapa alasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sebagai Obat Tertentu

Orang Jepang sangat percaya dengan teh hijau yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Saat merasakan tidak enak badan, mereka terbiasa langsung meminum teh hijau.

Teh ini juga kerap kali dijadikan obat dari penyakit tertentu, seperti flu dan diabetes. 

3 dari 4 halaman

2. Memiliki Banyak Khasiat

Teh hijau kaya akan vitamin C, flavonoid, antioksidan, katekin dan kandungan lainnya. Vitamin C ini sangat efektif untuk menyembuhkan flu. Kandungan antioksidan dan katekinnya membantu melawan penuaan, mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, minuman ini juga dapat meningkatkan sistem peredaran darah, meningkatkan pembuluh darah dan mencegah kuman yang masuk ke dalam tubuh.

 

4 dari 4 halaman

3. Budaya Menyambut Tamu

Sebagai teh tradisional, orang Jepang selalu menyediakan teh hijau di setiap pertemuan, bahkan ketika ada yang berkunjung di rumah.

Pada beberapa acara penting, mereka selalu mengadakan upacara minum teh yang disebut sebagai Chanoyu. Ini merupakan tradisi untuk menyambut tamu sebagai simbol keramahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.