Saat Merawat Diri dan Merasa Rileks Kucing Bisa Sering Menjulurkan Lidahnya

Oleh Gilar Ramdhani pada 17 Jun 2021, 19:01 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 19:02 WIB
Lidah Kucing
Perbesar
Penampakan lidah kucing. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan menjulurkan lidah tidak hanya dimiliki anjing, kucing dari usia anak-anak hingga senior juga memiliki kebiasaan ini. Bedanya, kucing tidak terlalu sering menjulurkan lidah ketimbang anjing. Kucing menjulurkan lidah pada saat-saat tertentu saja. 

Kebiasaan kucing menjulurkan lidah ini tidak lepas dari anatomi lidah kucing yang unik dan kebutuhan mereka untuk merawat diri. Jadi saat menemukan kucing kesayangan sering menjulurkan lidah, alasan pertama adalah karena ia sedang merawat diri.

Kucing merawat diri

Ketika kucing tidak tidur, mereka banyak menghabiskan waktunya untuk merawat diri. Lidah kucing ditutupi potongan-potongan kecil berduri keratin yang disebut papila. Paku kecil ini sangat penting untuk memungkinkan kucing merawat dirinya sendiri secara efektif.

Jika kucing Anda menjulurkan lidahnya, ia mungkin sedang istirahat di tengah perawatan atau mungkin baru saja selesai membersihkan dirinya sendiri dan lupa bahwa lidahnya masih menjulur keluar.

 

 

 

 

Kucing merasa santai

Perasaan santai dan nyaman yang dirasakan kucing saat tidur seringkali membuat si kucing tanpa sadar menjulurkan lidahnya. Ini merupakan hal yang normal, namun tentu saja bisa disertai dengan air liur.

Rahang kucing mengendur

Sekali lagi, seperti halnya manusia, saat kucing sedang tidur, ia bisa menjadi sangat rileks sehingga rahangnya mengendur. Ini juga bisa terjadi saat Anda mengelus kucing. Saat rahang kucing mengendur, ujung lidahnya akan keluar dari mulut sehingga ia terlihat menjulurkan lidah.

Lebih dari itu, kebiasaan menjulurkan lidah tidak hanya berhubungan dengan perawatan diri, bisa jadi karena hal lain. Salah satu blepping, sebuah kondisi di mana lidah kucing akan menjulur sedikit dari mulutnya. Ini adalah cara kucing menyelidiki lingkungan sekitar mereka, menggunakan indera pengecapan untuk memahami apa yang terjadi di sekitar mereka.

Selain itu, menjulurkan lidah juga bisa jadi ada masalah pada gigi atau karena salah makan. Maka dari itu perhatikan sekali bila kucing tiba-tiba menjulurkan lidahknya setelah makan.

Untuk selalu menjaga kesehatan kucing dan bulu-bulunya jangan lupa untuk memberikan makanan kucing yang mengandung nutrisi lengkap dan tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan kucing, Muezza.

Muezza
Perbesar
Muezza.

Brand makanan kucing kering yang dibuat hanya dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Tanpa penambahan bahan sintetik, cat food ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan kadar yang seimbang, tidak kurang atau berlebihan.

Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang membuat pemiliknya kini bebas cemas saat memegang makanannya secara langsung. Selain itu, juga lebih leluasa mengurus hewan peliharaan seperti mencuci wadah makannya, membawa makanan kucing bepergian, hingga mencari tempat penyimpanannya.

Ada 4 varian rasa lezat yang bisa dipilih, mulai dari Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor, Tuna Flavor, dan Mackerel Flavor. Pilih cat food yang sehat dan halal seperti Muezza, yang bisa segera dibeli secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓