Sukses

Panduan Sholat Subuh Disertai Bacaan Doanya, Permudah Rezeki dan Kesuksesan

Ada sederet manfaat sholat subuh. Mulai dari manfaat rohani, kesehatan, hingga memperlancar rezeki dan kesuksesan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat subuh termasuk fardu ain atau lima sholat yang wajib dilaksanakan oleh kaum muslim. Waktu pelaksanaan sholat subuh selama belum terbitnya matahari atau sekitar pukul 04.45 WIB di pagi hari.

Jumlah rakaat ada dua. Kendati hanya dua rakaat, manfaat dan keutamaan sholat subuh sangat luar biasa bagi kalian yang menunaikan secara rutin setiap hari.

Ada sederet manfaat sholat subuh. Mulai dari manfaat rohani, kesehatan, hingga memperlancar rezeki dan kesuksesan hidup.

Kali ini, Liputan6.com akan membahas tata cara sholat subuh dan penjelasan lainnya yang berkaitan dengan sholat subuh. Merujuk beberapa sumber, simak penjelasan tata cara sholat subuh beserta bacaan doanya:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2 Rakaat

 

Berdasarkan keyakinan dalam agama Islam, sholat menjadi salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Hubungan yang sangat dibutuhkan oleh jiwa atau rohani setiap insan.

Dalam pelaksanaanya tata cara sholat subuh sama dengan sholat fardu lainnya. Hal berbeda adalah jumlah rakaat serta terdapat bacaan doa qunut di rakaat kedua. Tapi, bacaan qunut ini ada perbedaan pendapat.

 

3 dari 8 halaman

Tata Cara

 

1. Menyucikan Diri dengan Berwudu

2. Niat Sholat Subuh

Bacaan niat sholat subuh sendiri, menjadi makmum dan menjadi imam, berbeda-beda. 

 

4 dari 8 halaman

Niat Sholat Subuh

 

a. Niat Sholat Subuh Sendiri

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

b. Niat Sholat Subuh Menjadi Makmum

Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala. 

c. Niat Sholat Subuh Menjadi Imam

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala.

 

 

5 dari 8 halaman

Takbiratulihram

 

3. Takbiratulihram

Berdiri sambil mengucapkan takbir “Allahu Akbar”. Pandangan mata melihat ke arah tempat sujud.

Allahu Akbar Artinya : Allah Maha Besar

Tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan di atas tangan kiri.

 

6 dari 8 halaman

Doa Iftitah

4. Membaca Doa Iftitah

Doa Iftitah dalam sholat hokum bacaannya adalah sunnah.

5. Membaca Surat Al-Fatihah

6. Membaca Salah Satu Surat dari Al-Qur'an

7. Kemudian Ruku’ dan I’tidal Serta Membaca Doanya

8. Duduk di Antara Dua Sujud Sambil Membaca Doanya

9. Sujud Lagi Sambil Membaca Bacaannya

10. Berdiri untuk Mengerjakan Rakaat Kedua

Gerakan rakaat kedua sama seperti di rakaat pertama hanya saja ada tambahan doa saat kamu melakukan iktidal.

7 dari 8 halaman

Doa Qunut

 

11. Membaca Doa Qunut

Di rakaat kedua, saat iktiidal kamu dianjurkan untuk membaca doa qunut. Doa qunut merupakan bacaan yang disunahkan, sehingga jika dilakukan umat muslim yang membacanya akan mendapatkan pahala.

Doa Qunut dibaca ketika posisi kamu yang sedang melakukan sholat masih berdiri dalam gerakan iktidal. Bacaan doa Qunut :

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

12. Ucapkan Takbir

Setelah selesai membaca Doa Qunut, kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan takbir (Allaahu Akbar) tanpa mengangkat kedua tangan

8 dari 8 halaman

Sujud dan Salam

13. Sujud

14. Salam

Setelah salam artinya kamu telah selesai menunaikan sholat subuh. Dianjurkan kamu untuk berzikir kemudian berdoa. Berdoa setelah melakukan sholat sangat dianjurkan. Allah SWT berfirman :

“Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu". (QS. Al-Mu'min : 60)”

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186)

Demikian penjelasan tentang tata cara sholat subuh. Tata cara yang paling penting dalam sholat adalah khusyuk.

Dengan melakukan sholat subuh niscaya kamu dilancarkan rezekinya, sholat subuh menjadi penyelamat dari neraka, masuk surga, disaksikan oleh malaikat saat kamu melaksanakan sholat subuh. Dan yang paling penting sebagai kunci kemenangan dan perlindungan dari Allah SWT.

Semoga dengan membaca tata cara sholat subuh di atas dan mempraktikannya dalam sholat subuh menjadikan kamu insan yang lebih baik. Aamiin ya robbal alamin.

 

Reporter:

Loudia Mahartika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.