Sukses

Jangan Sepelekan, Hipertensi Dapat Menyerang di Usia Muda

Hipertensi bukan penyakit yang eksklusif untuk orang-orang lanjut usia. Kendati, prevalensi meningkat seiring pertumbuhan umur.

Liputan6.com, Jakarta - Hipertensi atau darah tinggi dapat menyerang kaum muda. Sebab, hipertensi bukan penyakit yang eksklusif untuk orang-orang lanjut usia. Kendati, prevalensi meningkat seiring pertumbuhan umur.

Sementara pada usia muda, biasanya masuk dalam kategori hipertensi sekunder. Ini terjadi akibat penyebab tertentu yang berhubungan dengan penyakit di dalam tubuh.

"Misalnya penyempitan pembuluh darah ginjal, dengan memperbaikinya tekanan darah akan terkontrol tanpa obat," ucap President of Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dokter spesialis penyakit dalam, Tunggul D Situmorang, seperti dikutip dari Antara, Senin (6/7/2021).

Tunggul menjelaskan, penyakit hipertensi pada kategori sekunder hanya terjadi pada sebagian kecil orang. Termasuk di kalangan anak-anak yang penyebabnya bisa dicari untuk kemudian diobati.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hipertensi Primer

 

Adapun hipertensi primer adalah hipertensi yang penyebab langsung tidak diketahui. Menurut Tunggul, salah satunya ada riwayat keturunan hipertensi pada anggota keluarga lain.

Sementara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Cut Putri Ariane menyebutkan, ada kecenderungan penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi pada usia yang lebih muda.

 

3 dari 4 halaman

Usia 10-15 Tahun

 

Merujuk data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, angka kejadian penyakit tidak menular sudah meningkat pada usia 10-15 tahun.

Selain terdapat warisan genetik dari orangtua kepada anaknya, pola hidup dan pola makan tidak sehat yang dilakukan oleh orangtua beserta juga anaknya bisa memunculkan kecenderungan penyakit yang sama.

 

 

4 dari 4 halaman

Gaya Hidup Sehat

 

Namun, hipertensi dapat dicegah dengan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat yang bisa diterapkan adalah membatasi asupan makanan yang asin.

Sekretaris Jenderal Indonesian Society of Hypertension atau InaSH dokter Eka Harmeiwaty menganjurkan untuk membatasi asupan makanan mengandung garam. Periksa label kemasan makanan, terutama untuk orang yang gemar menyantap makanan siap saji yang umumnya tinggi kandungan garam.

Menjaga makanan anak juga membantu mencegah hipertensi sedini mungkin. Eka menekankan kepada orangtua untuk selalu memantau asupan makanan anak.

Menurut Eka, tidak ada salahnya untuk mencicipi dulu jajanan anak, siapa tahu camilan tersebut punya kadar garam yang tinggi. Prinsipnya, bila sudah terasa asin berarti kadar garamnya sudah berlebihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.