4 Keuntungan Memiliki Saudara Kandung Bagi Kesehatan Fisik

Oleh Syifa Aulia pada 06 Jun 2021, 14:05 WIB
Diperbarui 06 Jun 2021, 14:05 WIB
kakak adik
Perbesar
ilustrasi saudara/copyright Pexels/Ba Phi

Liputan6.com, Jakarta Memiliki saudara kandung tidak hanya membuat suasana rumah menjadi ramai. Ternyata, hal itu juga berdampak positif untuk kesehatan  tubuh. Banyak individu yang tidak menyadari hal ini.

Setiap hari, hubungan Anda dengan saudara kandung tidak pernah terduga. Terkadang Anda sangat akur dengan mereka, namun itu bisa berubah menjadi pertengkaran hanya dalam satu waktu.

Meskipun satu sama lain bisa membuat perasaan jengkel, tetapi mereka tetap saling menyayangi seperti keluarga pada umumnya. Hubungan itu akan membawa dampak positif bagi tubuh. Salah satunya dapat meredakan stres yang sedang dialami. 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

anak kedua
Perbesar
ilustrasi saudara/Photo by Duy Pham on Unsplash

Hubungan saudara yang sehat ternyata dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus. Hubungan itu mampu mengatasi stres saat sedang sakit. Sehingga penyakit dapat sembuh lebih cepat karena kekebalan tubuh meningkat.

2. Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Saudara
Perbesar
Ilustrasi saudara (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Saat berpelukan dengan saudara kandung, tekanan darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Selain itu, detak jantung juga menjadi menurun. Hal ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

3. Mengatasi Depresi

keluarga
Perbesar
ilustrasi saudara/copyright Pexels/Gianne Karla Tolentino

Memiliki saudara kandung yang sebaya atau lebih tua, dapat dijadikan sebagai tempat curhat saat sedang mengalami masalah. Mereka dapat memberi solusi atas masalah yang terjadi.

Meskipun mereka tidak memberikan solusi terbaik, tetapi mereka dapat menjadi pendengar yang baik agar beban pikiran Anda berkurang. Kondisi itu dapat mengurangi kortisol dalam tubuh. Sehingga perasaan stres dan depresi dapat terkendali.

4. Panjang Umur

Dua bersaudara raih medali Olimpiade Matematika
Perbesar
Ilustrasi pelajaran Matematika (Dok.Unsplash/ Antoine Dautry)

Melansir dari Bright Side, Minggu (6/6/2021), seseorang yang memiliki ikatan sosial yang buruk, 50% kemungkinan dapat meninggal dunia lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang memiliki ikatan sosial yang erat.

Mereka sangat dipedulikan oleh orang-orang terdekatnya ketika sakit, salah satunya saudara kandung. Mereka selalu ada untuk membantu Anda memulihkan diri dan mencegah dari kematian dini.

Saksikan Video Pilihan di Bwah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓