Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesuburan Hingga Penuaan Dini

Oleh Ulya Kaltsum pada 04 Jun 2021, 10:04 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 10:04 WIB
Tinggi omega-3
Perbesar
Kacang Kenari (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Kacang kenari alias walnut merupakan biji tunggal dari pohon berjenis juglans yang kerap digunakan sebagai topping kue atau campuran makanan. Kenari memiliki bentuk unik yang sekilas mirip dengan otak manusia.

Kacang kenari mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari sumber lemak, protein, kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Selain itu, kenari juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3, serta sebagai sumber antioksidan yang baik.

Gabungan antara protein, serat dan lemak sehat pada kacang kenari membantu meningkatkan rasa kenyang. Antioksidannya dianggap mampu membantu tubuh melawan dampak negatif dari radikal bebas.

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam kacang kenari memberikan beragam manfaat untuk kesehatan jantung, tulang dan otak. Berikut manfaat kacang kenari yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Kaya omega-3

[Bintang] 8 Makanan yang Bisa Meningkatkan Fokus dan Memori di September
Perbesar
Kacang kenari. (Via: brahmakumarischandigrh.com)

Kenari mengandung lemak omega-3 yang tinggi. Satu ons kenari segar mengandung sekitar 2,3 gram asam alfa-linolenat (ALA). Kandungan omega-3 dalam kenari berperan penting bagi kesehatan tubuh.

Asupan lemak omega-3 yang baik dapat mengurangi kadar kolesterol LDL atau trigliserida dalam darah, serta menurunkan tekanan darah. Omega-3 berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung sehingga disebut sebagai makanan jantung yang sehat.

Selain itu, omega-3 juga mengurangi peradangan di seluruh tubuh, seperti radang sendi atau diabetes.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Meningkatkan kesehatan usus

[Bintang] 10 Makanan yang Buat Kamu Tetap Awet Muda
Perbesar
Kacang Kenari : via : http://ayysa.com/

Mengonsumsi kacang kenari dapat menjadi salah satu cara mendukung kesehatan mikrobiota dan usus.

Pasalnya, mengonsumsi kenari secara rutin dapat meningkatkan kinerja bakteri yang menguntungkan. Salah satunya adalah peningkatan bakteri yang menghasilkan butirat, lemak yang menyehatkan usus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Mengurangi risiko kanker

Memicu Penyakit Kanker
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels,com/Tom

Kacang kenari kaya akan kandungan polifenol ellagitannins. Mikroba tertentu dalam usus dapat mengubah kandungan tersebut menjadi senyawa yang disebut urolitin.

Urolitin memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi dari kanker kolorektal. Selain itu, urolithin dapat memblokir reseptor hormone di tubuh sehingga membantu mengurangi risiko kanker, khususnya kanker payudara dan prostat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Mendukung kesehatan reproduksi pria

Kacang Kenari
Perbesar
Kacang Kenari (sumber: Pixabay)

Dikutip dari Healthline, Kamis (3/6/2021), kacang kenari memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan reproduksi atau kesuburan para pria. Mengonsumsi kacang kenari secara rutin dapat menangkal dampak buruk dari makanan yang mengancam sperma.

Kacang kenari berfungsi untuk melindungi sperma dan mengurangi kerusakan oksidatif pada memban kaum pria.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Mencegah penuaan dini

Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah
Perbesar
Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kesuburan pria, kacang kenari juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Walnut dipercaya mampu mencegah penuaan dini sehingga wajah tetap terlihat awet muda.

Kandungan antioksidan pada kacang kenari mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang menyebabkan penuaan dini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya