Sukses

Cari Gagasan Bisnis Kreatif dan Menjanjikan, 6 Tips Ini Layak Dicoba

Menjalankan bisnis ataupun usaha baru memang tak mudah. Bahkan, banyak orang mengalami kegagalan lantaran tak biasa menjalani sesuatu yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan bisnis ataupun usaha baru memang tak mudah. Bahkan, banyak orang mengalami kegagalan lantaran tak biasa menjalani sesuatu yang baru.

Agar tak mengawali kegagalan di awal, Anda terlebih dahulu mendapatkan ide bisnis yang kreatif dan menjanjikan. Dengan demikian, usaha yang dijalankan akan berkembang besar.

Merujuk Freemalaysiatoday.com, simak 6 tips untuk mendapatkan gagasan bisnis perdana Anda:

1. Maksimalkan Keahlian

Banyak pemilik bisnis baru gagal lantaran mereka melakukan sesuatu yang asing. Pikirkan teman yang menukar pekerjaan hariannya untuk mewujudkan impian membuka restoran, tanpa pengalaman menjalankannya juga.

Cerita-cerita itu jarang berakhir dengan bahagia. Kini, bukan saatnya mengatakan bahwa orang tak boleh mencoba sesuatu yang sama sekali baru. Namun, menjadi pengusaha adalah mengenai mengambil risiko yang telah diperhitungkan. Tentunya, sulit untuk menghitung risiko bila Anda tidak mengetahui seluk beluk industri yang Anda inginkan.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Berinovasi

 

Ada mitos bahwa suatu ide tidak bagus hanya lantaran ada persaingan. Namun, bila Anda memiliki gagasan yang belum pernah dipikirkan oleh siapa pun. Pikirkan daftar bisnis yang menurut Anda menarik dan menginspirasi, dan coba fokus pada cara membuatnya lebih baik.

Contohnya, McDonald's bukan penemu burger dan Facebook jelas bukan bentuk pertama dari media sosial. Jangan berkecil hati. Ada banyak sekali contoh di mana seseorang mengambil ide orisinal dari tempat lain dan menjadikannya brilian.

 

3 dari 6 halaman

3. Impor Ide dari Luar Negeri

Orang-orang mungkin kerap bepergian akhir-akhir ini. Namun, masih ada banyak sekali produk dan layanan fantastis di satu sudut Bumi yang hampir tidak pernah terdengar di sudut lain. Ini adalah kesempatan yang luar biasa.

Manfaatkan penemuan Anda dan pasarkan di daerah Anda. Anda bahkan dapat menemukan cara baru untuk menyajikan produk ini agar lebih sesuai dengan selera pelanggan lokal.

Hal yang menarik dari metode ini adalah telah dicoba dan diuji. Bila Anda sangat rajin dalam riset pasar lokal, Anda akan dapat mencapai kesuksesan tanpa harus membuang-buang uang dan waktu untuk mengembangkan sesuatu dari awal.

4 dari 6 halaman

4. Temukan Peluang Tersembunyi

 

Kustomisasi satu di antara area khusus yang sulit untuk diikuti oleh pemain besar. Itu terlalu rumit dan tidak menghasilkan keuntungan yang cukup bagi nama-nama besar. Produk yang disesuaikan selalu memiliki daya tarik lebih dari yang seragam.

Ide bisnis pertama Anda mungkin tidak sehebat yang Anda bayangkan. Atau mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dan uang daripada yang awalnya Anda bayangkan. Jangan putus asa. Hal yang perlu diingat adalah memastikan jika Anda gagal, lakukan dengan cepat dan murah. Cari peluang yang lebih baik atau cara untuk mengubah ide orisinal Anda dengan cepat.

Roma tidak dibangun dalam sehari, sebab pekerjaan penting membutuhkan waktu. Tapi pertahankan iman. Dengan ketekunan, ketabahan, kecerdikan, dan kepercayaan diri, Anda akan mencapainya.

 

5 dari 6 halaman

5. Pecahkan Masalah Berulang

 

Coba Anda melihat sekeliling dan mungkin melihat sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah atau di kantor, yang dapat dipermudah dengan produk atau layanan baru. Bertanyalah dan lihat apakah orang lain menghadapi masalah yang sama.

Bila Anda menemukan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh orang lain, mungkin ada pasar untuk itu. Ini benar-benar biasa-biasa saja, tetapi jika itu membuat orang gila, solusi Anda akan sukses besar.

 

6 dari 6 halaman

6. Harga Barang Lebih Murah dan Bersaing

 

Selain itu, pikirkan tentang semua barang yang telah Anda beli selama bertahun-tahun yang sedikit lebih murah ketimbang barang "bermerek" mulai dari tas, sepatu dan barang lainnya.

Perhatikan beberapa penawaran dari para pelaku pasar besar dan lihat apakah Anda dapat menghasilkan produk serupa dengan harga yang jauh lebih murah. Cari pemasok lokal atau luar negeri yang bersedia memberi Anda kesepakatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.