6 Cara Mencegah Kucing Kesayangan Mengunyah Benda-Benda dari Logam

Oleh Gilar Ramdhani pada 02 Jun 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 12:45 WIB
Kucing
Perbesar
Ilustrasi kucing. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Tampilannya yang berkilau dan bersinar, membuat kucing bisa sangat tertarik dengan benda-benda yang terbuat dari logam. Bila sekadar untuk mainan saja mungkin tidak jadi masalah. Namun bila benda-benda yang terbuat dari logam sampai tertelan oleh kucing maka bisa sangat berbahaya. Efek terhadap saluran pencernaan sangat buruk.

Beberapa masalah yang mungkin ditimbulkan antara lain menyebabkan penyumbatan di usus yang mungkin perlu dioperasi. Masalah pencernaan yang bisa dialami seperti sembelit dan diare. Selain itu beberapa kucing alergi terhadap logam, yang ditandai dengan gejala lesi pada mulut kucing, iritasi kulit, mata berair, perawatan berlebihan, dan garukan yang intens.

Untuk mencegah kucing mengigit dan sampai mengunyah logam, kamu bisa praktekkan beberapa tips di bawah ini.

1. Jauhkan logam dari jangkauan

Sembunyikan perhiasan dan benda-benda logam lainnya di area yang tidak dapat dijangkau kucing.

2. Arahkan ulang perilaku mengunyah

Karena mereka suka mengunyah, maka berikan dia mainan yang kenyal. Tersedia banyak mainan kunyah yang lebih lembut dan aman yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari bahan berbahaya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Melatih Kucing Jauhi Logam

Kucing Mendadak Malas Main, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Perbesar
(c) Shutterstock

3. Melatih kucing untuk meninggalkan benda logam

Ajari mereka bahwa mengunyah logam itu buruk, dan beri mereka camilan saat mengikuti instruksi kamu. Pelatihan clicker cukup efektif di mana pemilik hewan peliharaan menggunakan perangkat untuk mengeluarkan suara setiap kali hewan peliharaan melakukan seperti yang diharapkan.

Untuk camilan dan makanan si anabul, kamu bisa berikan Muezza yang kaya akan asam lemak omega 3. Muezza dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Bukan hanya terjamin higienis, kandungan nutrisi di dalamnya pun tetap terjaga dan bermanfaat bagi kesehatan kucing karena tanpa bahan tambahan sintetik.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa lengkap dengan aroma yang kuat untuk meningkatkan selera makan kucing, seperti Salmon Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Tuna Flavor. Bukan hanya sehat dan lezat, brand makanan kucing kering ini pun juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia4. Jangan menghukum kucing secara fisik

Jangan pernah secara fisik menghukum kucing karena mengunyah logam. Sebaliknya, gunakan cara yang lembut namun efektif seperti membuat suara bernada tinggi.

Menyemprot kucing dengan sedikit air dingin juga bisa. Hanya beberapa percikan, dan seiring waktu mereka akan belajar menghindari mengunyah, menggaruk, atau perilaku lain yang kamu ingin mereka hentikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ajak Kucing Bermain

Jadi Agresif, Kenali 5 Tanda Kucing Butuh Lebih Banyak Waktu Bermain
Perbesar
Credit: Shutterstock.

5. Membuat logam jadi benda yang tidak menarik

Bungkus area logam dengan aluminium foil atau selotip dua sisi. Kebanyakan kucing membenci tekstur itu. Kamu juga bisa menyemprot semua benda logam dengan aroma jeruk, yang tidak disukai kucing.

6. Ajak dia bermain

Terkadang kucing mengunyah logam karena bosan. Jadi, temukan cara yang lebih baik untuk membuatnya tetap terhibur. Libatkan kucing kamu dalam aktivitas fisik, seperti permainan tangkap tongkat atau jemput bola. Ini membantu si anabul menghilangkan kebosanan.

Kesimpulannya, jika kucing kamu sampai menelan benda-benda dari logam, panggilan pertama adalah harus ke dokter hewan.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓