Mudah Mengantuk hingga Depresi, Ini 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Oleh Ulya Kaltsum pada 02 Jun 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 17:30 WIB
Ilustrasi vitamin D (Foto:Shutterstock)
Perbesar
Ilustrasi vitamin D (Foto:Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting bagi sistem tubuh. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit tertentu. Mulai dari gangguan tulang hingga timbulnya pre-ekamsi pada ibu hamil di akhir kehamilannya.

Setiap individu memiliki kebutuhan vitamin D yang berbeda-beda. Pada anak-anak dan orang dewasa, asupan vitamin D yang perlu dipenuhi adalah 15 mcg (600 IU) per hari. Sementara untuk lansia sekitar 20 mcg (800 IU) per hari.

Vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium. Seseorang yang kekurangan vitamin D akan mengalami berbagai gejala yang seringkali tak disadari. Dirangkum dari healthyfoodvision, berikut 5 tanda seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuh.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Depresi

Kenali Ciri-ciri Orang Depresi yang Tampak pada Aktivitas Keseharian
Perbesar
Beberapa hal berikut ini menunjukkan ciri-ciri seseorang yang sedang mengalami depresi. (Foto: Unsplash.com/Anthony Tran).

Salah satu gejala kekurangan vitamin D, terutama pada wanita adalah merasa depresi dan kesulitan. Seseorang yang jarang terkena sinar matahari cenderung lebih tertekan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D dapat menyebabkan depresi dan dapat mempengaruhi mood seseorang. Dari 13 studi yang dilakukan oleh 31.000 peserta mengungkapkan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi mengalami depresi.

Kekurangan vitamin D bisa merusak fungsi kognitif karena reseptor vitamin D di area otak bertanggung jawab untuk perilaku dan suasana hati, termasuk munculnya depresi.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Mudah mengantuk

ngantuk
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan merasakan lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk. Hal ini membuat Anda menjadi kurang produktif bahkan kesulitan dalam bekerja dan kesusahan.

Kadar vitamin D yang rendah membuat tubuh mengalami kekurangan kalsium di dalam darah. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk kontraksi otot dan menyampaikan sinyal pada sel saraf. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Keringat berlebihan

Terkena Sindrom Frey
Perbesar
Ilustrasi Berkeringat Credit: shutterstock.com

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan mudah berkeringat tanpa sebab yang jelas, terutama bagian kulit kepala. Entah saat sedang melakukan aktivitas yang normal atau cuaca yang tak panas.

Seperti halnya ketika bayi yang sedang tidur dan kepalanya berkeringat berlebihan. Hal tersebut menjadi tanda bahwa bayi kurang vitamin D dan harus dijemur di bawah sinar matahari pagi.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Tekanan darah tinggi

Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay
Perbesar
Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin dapat meningkatkan aliran tekanan darah dan membantu kesehatan jantung merangsang sirkulasi darah.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Kulit berubah menjadi gelap

Terungkap Salah Satu Penyebab Kulit kusam, Coba Atasi dengan Ini!
Perbesar
Ilustrasi wajah kusam. (Credit: Shutterstock).

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa semakin gelap kulit, maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk terpapar sinar matahari. Hal itu agar tubuh dapat mensitenstis provitamin D menjadi vitamin D.

Artinya, pigmen kulit berfungsi sebagai sunblock alami. Semakin banyak pigmen kulit, maka kulit akan semakin gelap dan berisiko kekurangan vitamin D.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓