Bingung Mau Buang Sampah Elektronik? Coba Dulu Layanan Penjemputan Ini

Oleh Putu Elmira pada 27 Mei 2021, 21:35 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 21:35 WIB
Limbah Gawai di Asia Tenggara Mengkhawatirkan, Indonesia?
Perbesar
Seorang pria di sebuah toko barang bekas elektronik di Jakarta. Foto diambil pada Jumat 13 Januari 2017 (AP Photo/Tatan Syuflana)

Liputan6.com, Jakarta - Limbah atau sampah elektronik menumpuk di kediaman Anda? Jangan bingung. Kini hadir layanan penjemputan limbah elektronik di Jakarta

Adalah Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menginformasikan melalui akun Instagram pada Selasa 18 Mei 2021. E-Waste atau limbah elektronik merupakan sampah yang berasal dari peralatan elektronik.

"Untuk itu #PasukanOrangeDLH memberikan pelayanan jemput limbah elektronik (e-waste) kepada warga Jakarta," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Ketika itu, tim Dinas Lingkungan Hidup DKI menjemput e-Waste warga Kelapa Gading, Cempaka Putih, Jakarta Pusat dan Cakung, Jakarta Timur. Bagi Anda selaku warga Jakarta yang ingin limbah elektroniknya dijemput, dapat langsung mengakses laman lingkunganhidup.jakarta.go.id.

Warga dapat mengisi formulir digital yang tersedia. Hanya saja, limbah elektronik yang akan dijemput minimal beratnya lima kilogram.

Di formulir digital, penjemputan limbah elektronik meliputi barang elektronik bekas. Mulai dari televisi, handphone, kulkas, mesin cuci, kipas angin, hingga AC. atau penyejuk ruangan

 

Ada Formulir Digital

Ilustrasi Sampah Elektronik
Perbesar
Ilustrasi sampah elektronik. (dok. Unsplash.com/@john_cameron)

Rincinya, warga Jakarta yang berminat perlu mengisi formulir digital. Terdiri dari alamat email, nama, alamat lengkap, nomor telepon, alamat lokasi penjemputan e-Waste, jumlah e-Waste (perkiraan kilogram), serta jenis e-Waste.

Unggahan Sang Gubernur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan | instagram.com/aniesbaswedan

Setelah semua data terisi, Anda jangan lupa untuk klik tombol submit. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengunggah kembali informasi ini melalui akun Instagram pribadinya.

"Bingung mau buang sampah elektronik ke mana? Kontak @dinaslhdki saja," tulisnya dalam unggahan pada Kamis, 20 Mei 2021.

Infografis Pilihan

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi
Perbesar
Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Video Pilihan

Lanjutkan Membaca ↓