Sukses

Terungkap Penyebab Kucing Menolak Digendong dan Memilih Kabur

Ini dia beberapa penyebab kucing menolak digendong dan memilih kabur dari pemiliknya atau teman manusianya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa si kucing tidak bersedia digendong atau bahkan langsung kabur saat akan didekati? Perilaku kucing seperti itu adalah hal yang wajar. 

Beberapa kucing memang suka di gendong dan yang lainnya akan mencoba melepaskan diri. Bahkan kucing yang paling manis dan penurut pun bisa mengalami perubahan perilaku dengan menghindari upaya kamu untuk memeluknya. 

Berikut ini beberapa alasan yang membuat kucing tidak bersedia digendong. 

#Rasa Takut dan Trauma

Wajar memang bila kucing memiliki perasaan takut. Bayangkan bila kamu sekecil kucing dan tiba-tiba ada tangan yang menjemput tanpa ada peringatan.

Rasa takut ini bisa muncul karena pengalaman masa lalu mereka yang terasa menakutkan. Misalnya saja kucing yang mudah terkejut dengan suara keras dan gerakan tiba-tiba. Sehingga mereka harus lari dan bersembunyi, ini sebagai bentuk pertahanan bila merasa terancam.

Selain itu, kucing yang diadopsi atau diselamatkan juga memiliki sejarah yang tidak mungkin kamu ketahui. Beberapa dari kucing ini mungkin telah melalui sesuatu yang membuat mereka takut saat orang-orang akan menggendongnya. 

#Kurang Interaksi Sosial dan Pemalu

Bila menemukan yang seperti itu, kamu tidak bisa memaksakan untuk mengubah kepribadian, dan perlu kesabaran untuk bisa akrab dengannya.

Penyebab selanjutnya seekor kucing tidak suka atau tidak mau digendong adalah karena kurangnya interaksi sosial. Jika anak kucing tidak berinteraksi sosial dengan manusia sejak awal, mereka cenderung akan waspada dan malu-malu kucing

Kucing yang tidak pernah berinteraksi secara positif dengan manusia biasanya menganggap upaya mengelus dan memeluk sebagai sesuatu yang berbahaya. Mereka tidak mengerti bahwa kamu menunjukkan kasih sayang dan cinta dengan memegangnya atau menggendongnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

#Kucing Benci Dibatasi

Semua kucing pada dasarnya benci jika mereka dibatasi dan tidak bisa pergi ke mana pun yang mereka mau. Pelukan dari manusia bisa terasa seperti sangkar bagi hewan berbulu ini. Bahkan bisa terasa seperti bentuk pengekangan jika cenderung mendekapnya di dekat dada. 

Itulah alasan mereka juga membenci pintu yang tertutup dan menghabiskan begitu banyak waktu untuk menggaruk dan mengeong kepada kamu untuk membukanya.

Selain perasaan dibatasi, kucing bisa jadi menolak digendong karena merasa tidak dihormati. Mereka lebih suka mencapai tujuan dengan kemampuan yang mereka miliki, seperti memanjat sendiri untuk berada di atas meja atau sofa dan lainnya. Mereka bisa akan tersinggung bila kamu tidak menghargai kemampuan memanjatnya dan memilih untuk mengangkat atau menggendongnya. 

#Kucing Sedang Sakit

Setiap kali hewan peliharaan mengalami perubahan perilaku, biasanya itu adalah tanda penyakit. Bisa jadi kucing kamu mungkin terjatuh saat melompat sehingga melukai perut atau punggungnya. Terlebih bila hewan peliharaan kamu memiliki akses ke dunia luar, mungkin terjadi sesuatu pada diri mereka. Segera membuat janji dengan dokter hewan jika kucing kamu terlihat kesakitan.

#Karakter dari Ras Kucing

beberapa ras kucing lebih cenderung tidak suka digendong daripada yang lain. Misalnya, Ragdoll adalah salah satu kucing yang paling santai, dan mereka senang saat kamu menggendongnya.

Di sisi lain, Abyssinian dan Bengals tidak menyukai pelukan, dan beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai ras kucing yang agresif. Selain itu, Kucing Persia juga cenderung tidak suka berada di atas. Mereka lebih suka menjaga kaki mereka tetap di tanah dan tidur siang di sofa.

3 dari 4 halaman

Cara Membangun Relasi dengan Kucing

Membangun kepercayaan diri pada kucing pemalu dan penakut tidak bisa dilakukan secara singkat. Oleh karena itu kesabaran adalah kunci utama. Kamu mungkin akan frustasi karena dia tak kunjung bisa beradaptasi, tapi ingatlah setiap kucing itu unik dan punya kepribadian sendiri-sendiri.

Jika kucing kamu terlihat tidak bersedia diangkat atau digendong, sebaiknya kamu segera membiarkan kucing tetap di lantai atau tempat semula. Biarkan mereka mendekati kamu sesuai keinginannya untuk menghindari cakaran atau permusuhan dengan kucing.

Untuk menjalin relasi dengan kucing, kamu bisa sering-sering mengajak berbicara, dia akan terbiasa dengan kehadiran dan suara kita. Gunakanlah nada dan volume yang lembut sehingga tidak membuatnya ketakutan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Dekati dengan Makanan 

Semua kucing menyukai makanan, sekalipun kucing penakut. Tawarkan makanan di dekatnya, pastikan kamu menjaga jarak kamu dan amati apakah ia mau memakannya. Jika ia tertarik mengendus dan memakan, lanjut ke tahap kedua dengan menaruh jarak makan perlahan mendekatimu. Lakukan secara berulang sampai ia bisa nyaman.

Memilih makanan kering cocok digunakan sebagai treat saat melatih kucing. Dalam hal ini, kamu bisa memilih makanan kucing Muezza. Tak perlu ragu memegang makanannya dan memberikannya langsung kepada kucing, karena Muezza yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Dengan label halal ini juga menghilangkan kecemasan kamu saat mencuci tempat makan kucing di tempat cuci piring, membawa makanan kering bepergian, hingga mencari lokasi penyimpanannya.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa yang lezat dan bakal disukai oleh kucing dan juga menyediakan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Berasal dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan kucingkesayanganmu, segera beli brand makanan kucing kering ini di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini