Sukses

Patut Diketahui, 6 Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Dalam Rumah Anda

Berikut ini adalah bahaya kesehatan yang diam-diam mengintai Anda di dalam rumah

Liputan6.com, Jakarta Rumah adalah tempat Anda berlindung, berkumpul bersama keluarga, dan tempat melangsungkan hidup dengan orang terkasih. Sayangnya, tanpa disadari, rumah Anda menyimpan beberapa bahaya kesehatan yang mengintai.

Berikut ini beberapa bahaya kesehatan yang mungkin mengintai di dalam rumah Anda seperti dilansir dari Bestlifeonline.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pemutih

Jika diencerkan dan digunakan di area yang berventilasi baik dengan menggunakan sarung tangan, pemutih relatif tidak beracun bagi manusia. Namun, jika pemutih klorin dicampur dengan pembersih rumah tangga biasa lainnya yang mengandung amonia atau asam dalam bahan-bahannya, ada bahaya yang serius.

Kombinasi ini menghasilkan gas beracun yang bila dihirup dapat menyebabkan mual, sesak napas, nyeri dada, air di paru-paru, dan pneumonia. Tingkat paparan gas beracun yang sangat tinggi bahkan dapat mengakibatkan kematian.

 

3 dari 7 halaman

2. Cat

Sebagian besar cat — baik yang berbahan dasar lateks atau minyak — mengandung sejumlah senyawa organik yang mudah menguap (VOC), yang dapat menyebabkan gejala mulai dari sakit kepala dan mual hingga kerusakan ginjal dan hati. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa wanita yang terpapar bahan kimia cat selama trimester pertama memiliki peningkatan risiko melahirkan bayi dengan autisme.

Cat VOC rendah dan nol sekarang banyak tersedia, tetapi menggunakan tindakan pencegahan, seperti ventilasi yang baik, masih disarankan karena "… cat mungkin mengandung bahan kimia lain seperti pengikat, penghambat korosi dan pengawet yang dapat berkontribusi pada sifat toksikologi mereka," ujar Erin McCanlies, seorang ahli epidemiologi di Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja CDC, kepada Time.

 

4 dari 7 halaman

3. Karbon monoksida

Karbon monoksida, atau CO, adalah gas tak berwarna tak berbau lainnya yang dihasilkan ketika benda-benda seperti mobil, kompor, pemanggang, dan tungku membakar bahan bakar. Keracunan karbon monoksida terjadi ketika kadar CO yang tinggi menumpuk di ruangan yang berventilasi buruk.

Gejalanya sering seperti flu dan termasuk sakit kepala, pusing, lemas, muntah dan bahkan kehilangan kesadaran. Paparan karbon monoksida tingkat tinggi secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

 

5 dari 7 halaman

4. Jamur

Jamur ada dimana-mana, namun pertumbuhan jamur di rumah biasanya muncul pada bahan dengan kandungan selulosa tinggi seperti kertas, drywall dan kayu. Beberapa orang lebih sensitif terhadap spora jamur daripada yang lain, tetapi masalah kesehatan yang serius biasanya hanya akan berkembang pada orang dengan kondisi pernapasan dan sistem kekebalan yang terganggu. Bayi Anda juga mungkin berisiko karenanya.

 

6 dari 7 halaman

5. Asbes

Asbes adalah mineral berserat alami yang kuat, tahan terhadap panas dan tidak menghantarkan listrik. Untuk alasan ini, asbes telah digunakan sejak zaman kuno dalam isolasi, tahan api, tekstil dan banyak produk lainnya.

Sayangnya, serat asbes bisa pecah menjadi partikel kecil yang mudah terhirup. Menghirup serat tersebut dapat menyebabkan sejumlah masalah serius termasuk hilangnya fungsi paru-paru, kanker paru-paru, dan tumor — yang semuanya sering melumpuhkan jika tidak fatal.

 

7 dari 7 halaman

6. Gas

Gas adalah bahan bakar fosil yang biasa digunakan untuk pemanas air, tungku, perapian, dan kompor. Tidak ada bau alami, namun perusahaan gas menambahkan bahan kimia yang disebut merkaptan untuk mempermudah deteksi kebocoran.

Mercaptan dikatakan berbau seperti telur busuk. Paparan gas alam yang berkepanjangan dapat menyebabkan gejala mulai dari sakit kepala dan kelelahan hingga kehilangan kesadaran dan kematian karena mati lemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.