Sukses

Lezat dan Menyehatkan, Yuk Coba Resep Bolu Cokelat Hazelnut Ini

Beragam rasa dan tekstur yang diberikan kue bolu coklat ini menyatu dalam mulut dengan kerenyahan dan kelembutan, simak resepnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Cokelat menjadi salah satu makanan yang hadir pada hari-hari spesial untuk melengkapi momen yang terjadi. Hidangan coklat yang sangat familiar dan mudah ditemukan adalah cokelat batangan yang memiliki campuran yang beragam.

Dalam beberapa hidangan lainnya, cokelat juga sering kali menjadi bahan utama, seperti minuman cokelat hangat atau pun dingin, biskuit cokelat yang lezat, dan kue kering. Tak hanya itu, kue basah seperti bolu juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati coklat.

Seperti  kue bolu cokelat hazelnut ini yang melansir dari Eating Well, kue cokelat hazelnut ini merupakan hidangan kue yang memiliki dua lapisan dengan hazelnut panggang di atas kue cokelat ini. Pada setiap potongannya memiliki tekstur yang lembut dan juga renyah dalam sekali gigit.

Menggunakan topping hazelnut memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, berikut ini simak nutrisi penting dalam kacang hazel ini.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nutrisi Dalam Hazelnut

Melansir dari Verywell Fit, pada kacang hazel menyediakan sekitar 178 kalori dalam satu cangkir porsinya dan hanya mengandung di bawah 55 gram karbohidrat. Sebagian karbohidratnya berasal dari serat, dan sisanya merupakan gula alami dan juga pati.

Dari kalori yang tersedia, sebagian besarnya berasal dari lemak, totalnya mencapai 17 gram lemak dalam satu porsi kacang-kacangan. Lemak tersebut terdiri dari lemak tak jenuh tunggal (hampir 13 gram) dan lemak tak jenuh ganda (2,2, gram). Namun, lemak jenuh yang kurang sehat juga terkandung di dalamnya sekitar 1,3 gram.

Protein dalam hazelnut tersedia sekitar 4 gram dalam per porsinya. Selain itu, hazelnut merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin E yang sangat baik dan sumber thiamin yang juga baik untuk tubuh.

Vitamin lainnya yang juga terkandung adalah vitamin B6 dan folat. Untuk mineral yang disediakan hazelnut adalah mangan dan tembaga yang sangat baik serta sumber magnesium yang baik. Beberapa lainnya berjumlah sedikit seperti fosfor, besi, seng, dan kalium di dalamnya.

Dari beragam nutrisi yang sangat banyak tersebut, kacang hazel ini bisa membantu menjaga berat badan yang sehat karena menyediakan serat dan protein yang ramah diet untuk membantu meningkatkan rasa kenyang.

Kandungan mangan yang tinggi akan berperan penting untuk aktivasi enzim untuk metabolisme karbohidrat, asam amino, dan kolesterol. Mangan juga diketahui memiliki fungsi antioksidan yang bisa menyembuhkan luka, produksi hormon seks, dan perkembangan tulang.

Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat dalam kacang ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Menurut salah satu studi, kacang hazel ini juga bisa menurunkan kolesterol.

3 dari 5 halaman

Bahan-Bahan

Bahan-bahan dibawah ini diperuntukkan untuk 12 porsi/potong dalam satu loyang, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • ¼ cangkir gandum gulung
  • 1 sendok makan gula merah kemasan atau pengganti gula merah setara dengan 1 sendok makan gula merah
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk
  • 1 sendok makan olesan minyak sayur
  • ¼ cangkir hazelnut cincang, panggang
  • 1 â…“ cangkir tepung serbaguna
  • ½ cangkir gula pasir atau campuran pengganti gula yang setara dengan 1/2 cangkir gula pasir
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh soda kue
  • â…› sendok teh garam
  • 1 butir telur, kocok 
  • ½ cangkir krim asam ringan
  • ¼ gelas air
  • 3 sendok makan minyak kanola
  • 2 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis
  • 1 sendok makan susu bebas lemak
  • ½ sendok teh vanili
4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan

Dalam pembuatan kue cokelat hazelnut ini membutuhkan waktu sekitar 35-40 menit untuk pemanggangan, sedangkan untuk persiapan bisa memakan waktu sekitar 25 menit. Maka, sesuaikan waktu Anda, jika ingin melakukan pembuatan kue ini. Berikut cara pembuatan kue coklat hazelnut ini.

  1. Pertama, panaskan oven terlebih dahulu sampai 350 derajat F, kemudian olesi loyang yang berukuran sekitar 9x9x2 inci
  2. Untuk menyiapkan topping, taruhlah gandum, gula merah, dan kayu manis ke dalam mangkuk kecil dan hancurkan dengan blender pastry, lalu masukkan minyak sayur untuk menghaluskan adonan dan masukkan hazelnut
  3. Dalam mangkuk sedang, campurkan tepung, gula pasir, baking powder, soda kue, dan garam
  4. Di mangkuk lainnya, kocok telur dengan krim asam, air, dan juga minyak kanola
  5. Masukkan campuran basah tersebut ke dalam mengkuk sedang yang berisi adonan kering untuk mengaduknya sampai tercampur rata
  6. Lalu, pisahkan ½ cangkir adonan tersebut ke dalam mangkuk lainnya untuk mencampurkan bubuk coklat, susu, dan vanili hingga merata
  7. Ambil loyang, masukkan adonan yang berwarna terang (tidak dicampurkan coklat) ke dalam loyang tersebut
  8. Masukkan secara merata sampai menyentuh seluruh permukaan loyang, dan juga masukkan adonan coklat di atasnya
  9. Taburi campuran topping yang telah dibuat di atasnya, kemudian panggang selam 35 hingga 40 menit atau sampai adonan dalamnya sudah mengering atau matang dengan menggunakan sumpit untuk mengecek
  10. Dinginkan kue selama 10 menit sebelum mengonsumsinya
  11. Potong kue dan sajikan selagi hangat

Catatan:

Jika Anda ingin mengganti tepung terigu serba guna, gantikan dengan 2/3 cangkir tepung terigu utuh, tepung terigu utuh putih, tepung pastry terigu utuh, tepung jagung gandum utuh, tepung kacang putih, atau tepung kedelai untuk 2/3 cangkir tepung serba guna. Atau, gantikan 1/3 cangkir tepung almond lemak penuh dengan 1/3 cangkir tepung serbaguna. Atau, gantikan 1 1/3 cangkir tepung tinggi serat jagung atau campuran kue bebas gluten untuk semua tepung serbaguna (jika menggunakan campuran kue bebas gluten, hilangkan oat).

5 dari 5 halaman

Fakta Nutrisi

Dalam satu potong Per Porsi mengandung 170 kalori; protein 3.1g; karbohidrat 22,8g; serat makanan 0.8g; gula 9,8g; lemak 7,5g; lemak jenuh 1,3g; kolesterol 20.5mg; vitamin A; vitamin C; folat 46.9mcg; kalsium 36.1mg; besi 1.1mg; magnesium 13,8mg; kalium 67.1mg; natrium 80,8mg.

Dari nutrisi tersebut, kue ini baik untuk kesehatan jantung, rendah kalori, vegetarian, rendah sodium, dan cocok untuk diabetes dengan gunakan pengganti gula yang lebih sehat.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.