Sukses

Manfaat Air Beras untuk Kesuburan Rambut hingga Hilangkan Kutu, Begini Cara Pakainya

Air beras memiliki beragam manfaat untuk merawat kesehatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat air beras untuk perawatan rambut sangat beragam. Endapan dari air beras atau air beras yang dimasak ternyata mengandung banyak nutrisi.

Dikutip dari Medical News Today, Senin (24/5/2021), air beras mengandung vitamin dan mineral yang sama yang terkandung dalam beras, yakni asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral dan antioksidan.

Menggunakan air beras untuk merawat kesehatan rambut bukanlah hal yang baru. Pasalnya, wanita Jepang kuno juga menggunakan air beras untuk menjaga kesehatan rambutnya.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyatakan bahwa air cucian beras dapat mengurangi gesekan antarpermukaan dan dapat meningkatkan elastisitas rambut.

Selain itu, inositol, yakni bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus rambut yang rusak dan dapat memperbaikinya dari dalam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras untuk Rambut

1. Menyuburkan rambut

Manfaat air beras ternyata dapat meningkatkan kesuburan rambut. Kamu bisa mencuci rambut menggunakan shampoo, kemudian gunakan air beras sebagai pengganti kondisioner. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu dan dapatkan hasilnya.

2. Membuat rambut bercahaya

Cobalah untuk mencampurkan air beras dengan air mawar. Kamu dapat menggunakannya untuk membilas rambut lalu tutup kepala menggunakan topi mandi. Diamkanlah selama setengah jam lalu bilas rambut.

3. Menghilangkan kutu

Manfaat air beras lain yang jarang diketahui adalah dapat menghilangkan kutu. Sari pati pada beras mampu membunuh kutu rambut hingga larvanya.

Anda cukup menggunakan air beras untuk membilas rambut setelah keramas, lalu tutup menggunakan kain dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas kembali.

3 dari 4 halaman

Cara Menyiapkan Air Beras

Merendam beras

Cara paling mudah dan sederhana untuk mendapatkan air beras adalah dengan merendamnya.

1. Ambilah 1/2 cangkir beras

2. Cuci hingga bersih

3. Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air

4. Diamkan selama 30 menit

5. Saring air beras ke dalam wadah bersih

Difermentasi

Beberapa orang menganggap bahwa air beras yang difermentasi memiliki manfaat lebih banyak daripada rendaman air beras biasa. Kandungan antioksidan dalam air beras yang difermentasi ini dianggap mampu mencegah dan melawan kerusakan sel rambut.

Caranya pun cukup mudah, lakukan langkah 1-4 pada bagian merendam beras. Namun, diamkan dan rendam beras selama dua hari sebelum disaring.

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Air Beras Untuk Rambut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan air beras sebagai kondisioner. Simak langkah-langkah berikut:

1. Cuci rambut menggunakan sampo.

2. Bilas air menggunakan air.

3. Tuangkan air beras ke rambut dengan pelan dan menyeluruh.

4. Pijat kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit.

5. Bilas rambut menggunakan air keran hingga bersih.

Lakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal dari air beras untuk kesehatan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.