Sukses

6 Tips Sukses Wawancara Kerja Berbahasa Inggris, Dijamin Bikin Percaya Diri

Berikut beberapa tips yang akan membuat Anda lebih percaya diri dan menambah kesempatanmu untuk bisa lolos wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa gugup sering muncul di momen penting yang menentukan hidup kita. Salah satu kondisi yang kerap kali membuat telapak tangan basah dan jantung  berdebar-debar adalah wawancara kerja.

Apalagi jika kita tahu bahwa pada wawancara nanti, kita harus berbicara dalam bahasa kedua atau ketiga.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang akan membuat Anda lebih percaya diri dan menambah kesempatanmu untuk bisa lolos wawancara kerja. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tipsnya

1. Lakukan riset terhadap perusahaan dan posisi pekerjaan

Sebelum masuk ke tips wawancara kerja, yang satu ini tidak boleh terlewat ya! Karena hal ini akan sangat membantu untuk menjawab pertanyaan yang tepat saat ditanya oleh pewawancara.

Selain itu, ketika Anda tahu banyak mengenai perusahaan tersebut, Anda akan membuat pewawancara terkesan. Pastikan juga untuk menerjemahkan semua informasi yang telah dirangkum ke dalam bahasa Inggris ya.

2. Cari tahu pertanyaan yang biasa ditanyakan

Pertanyaan seperti, what are your strengths? (apa kelebihan Anda?) atau why should we hire you? (mengapa kami harus merekrut Anda?) adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja.

Selain melatih pengucapan, mempelajari pertanyaan yang sering muncul bertujuan agar Anda tidak kehilangan kata-kata saat ditanya oleh pewawancara.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Mulailah Pembicaraan Ringan

Small talk atau pembicaraan ringan sangat berguna dalam mencairkan suasana sehingga tidak canggung. Tahapan ini secara tidak langsung juga dapat membangun rasa percaya diri kamu sejak awal sesi wawancara. 

4. Gunakan kalimat efektif

Kalimat yang terlalu panjang dan kurang efektif akan membuat pewawancara kesulitan menangkap maksud dari kalimat yang Anda sampaikan. Gunakan kalimat singkat dan jelas sehingga bisa meminimalisir kesalahan.

Jangan takut untuk mengambil waktu beberapa detik untuk berpikir sebelum menjawab untuk memastikan penggunaan kalimat sudah tepat.

 

4 dari 4 halaman

5. Jangan ragu untuk bertanya

Dalam sesi wawancara, mungkin Anda akan menemui situasi di mana Anda tidak mengerti maksud dari pertanyaan yang diajukan.

Jika hal ini terjadi, tidak ada salahnya Anda meminta pewawancara untuk mengulang pertanyaannya. Pewawancara akan mengulang pertanyaannya dengan nada yang lebih lambat atau dengan bahasa yang lebih simpel sehingga Anda lebih mengerti. 

6.Latihan

Luangkan waktu untuk melakukan latihan wawancara agar Anda tidak gugup dalam menghadapi pewawancara nanti.

Coba latih artikulasi pengucapan, gaya bahasa, dan bahasa tubuh. Jika diperlukan, rekam semua proses latihan agar mengetahui mana yang harus diperbaiki.  

Menjalani wawancara dalam bahasa Inggris harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar Anda punya banyak waktu untuk mengasah kemampuan.

Supaya lebih percaya diri dalam wawancara bahasa Inggris, yuk belajar bersama English Academy! Dengan kurikulum berstandar internasional, pengajar bersertifikasi,  serta teknologi paling mutakhir, Anda akan menguasai empat keterampilan esensial berbahasa Inggris — membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara secara cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.