Sukses

5 Cara Agar Produktif Selama Meeting Online dengan Rekan Kerja

Selama melakukan meeting online , kita perlu bekerja lebih keras untuk menangkap dan memproses isyarat non-verbal sehingga menghabiskan lebih banyak energi.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja dari rumah atau work from home (WFH) telah menjadi sebuah metode dan budaya kerja banyak instansi, organisasi maupun perusahaan di seluruh dunia.

Saat menjalani WFH, banyak pekerja juga melakukan meeting secara daring. Nyatanya, bekerja dari rumah dan melakukan meeting online jauh lebih melelahkan daripada pertemuan tatap muka. 

Kelelahan ini disebabkan oleh adopsi massal teknologi secara tiba-tiba yang mengganggu cara kita berkomunikasi secara normal.

Dilansir dari hasil penelitian Virtual Human Interaction Lab of Stanford University, perasaan dan sikap manusia sebagian besar disampaikan melalui ekspresi wajah, postur tubuh, nada suara ataupun sinyal nonverbal lainnya.

Selama melakukan meeting online melalui video conference, kita perlu bekerja lebih keras untuk menangkap dan memproses isyarat non-verbal sehingga menghabiskan lebih banyak energi. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tipsnya

Nah, selama proses WFH ini masih terus berlangsung, apa saja yang bisa Anda lakukan agar meeting online  tetap produktif dan efektif sehingga dapat mengurangi rasa lelah?

Berikut tips agar meeting online  tetap produktif dan juga efektif.

1. Susun jadwal kegiatan selama meeting dan beri batasan waktu

Kejelasan jadwal yang akan dilakukan selama meeting akan membuat setiap orangnya berusaha untuk tidak membahas topik yang menyimpang dari pembahasan utama.

Selain itu, pembatasan waktu membantu individu untuk berusaha fokus karena tidak ingin membuang waktu yang ada dan menambah nilai dalam waktu yang terbatas tersebut.

2. Tentukan moderator selama meeting

Moderator dalam meeting bertugas untuk memandu jalannya meeting dan mengarahkan poin penting yang dipaparkan.

Selain itu, dengan adanya moderator peserta tidak akan menghabiskan waktu untuk berbicara lebih banyak, karena moderator akan menentukan tindakan peserta.

 

3 dari 4 halaman

3. Siapkan peralatan untuk online meeting

Menyiapkan peralatan untuk online meeting juga perlu. Pastikan kamera dan alat pengeras suara dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, perlu juga memastikan jaringan internet Anda bekerja dengan baik, supaya pesan dapat diterima maupun disampaikan dengan baik. 

4. Menghindari gangguan yang akan terjadi selama meeting

Guna menghindari gangguan yang akan terjadi, alangkah baiknya bila peserta meeting berada dalam lingkungan yang kondusif. Seperti cahaya yang terang, ruangan yang tertutup serta latar belakang yang tidak mengganggu fokus peserta lainnya.

 

4 dari 4 halaman

5. Menyusun kesimpulan

Moderator yang bertugas dapat mengambil beberapa poin penting selama meeting dan menjadikannya sebagai kesimpulan. Serta memastikan setiap pesertanya sudah mendapat informasi penting dan memahami inti dari meeting tersebut.

Nah, itu dia tips online meeting yang bisa Anda terapkan bersama rekan kerjamu sehingga lebih produktif dan efektif. Semoga melalui tips ini, Anda bisa mengelola waktu kerja dan aktivitas lainnya secara lebih berimbang.

Jika punya waktu luang, jangan lupa digunakkan untuk hal yang bermanfaat ya. Misalnya, belajar dan meningkatkan skill bersama para pakar di Skill Academy by Ruangguru. Anda akan mendapatkan materi pembelajaran secara praktis, mudah, dan terjangkau. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.