Sukses

Makin Parah, India Siapkan Layanan Ambulans Terapung untuk Pasien Covid-19

Agar lebih menjangkau pasien, Danau Dal di India miliki perahu ambulans untuk berikan perawatan darurat.

Liputan6.com, Jakarta Dunia masih dilanda pandemi akibat virus COVID-19. Seluruh negara yang terpapar sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa menangani virus tersebut.

Dari mulai pengetatan protokol kesehatan, kerja dari rumah, dan bahkan melakukan lockdown pada beberapa negara. Namun, hal tersebut masih tetap sulit untuk membuat dunia bisa terlepas dari virus yang sudah tersebar luas ini.

Seperti di India, situasi yang terjadi akibat virus ini semakin memarah hingga banyak korban berjatuhan. Di salah satu danau di India, bahkan menyiapkan perahu ambulans untuk mengangkut pasien yang terpapar virus COVID-19 ini, yang melansir dari Hindustan Times.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Layanan Perahu Ambulans di Danau Dal

Layanan perahu ambulans ini digagas oleh Tariq Ahmad Patloo yang merupakan seorang pemiliki rumah perahu di Srinagar. Patloo mendapatkan ide tentang ambulans terapung ini pada tahun lalu setelah ia dinyatakan terpapar virus Corona.

Saat India mengalami gelombang kedua dari COVID-19 ini, Patloo pun memulai perahu ambulans ini karena melonjaknya pasien yang terpapar. Selain itu juga, pembukaan kembali untuk umum Taman Tulip Srinagar mencatat 131 kasus baru, sehingga banyak pasien yang harus dibawa ke rumah sakit.

Hal tersebut yang akhirnya membuat perahu ambulans ini bergerak di Danau Dal untuk membawa para pasien yang baru terpapar tersebut. Layanan ini memang sudah banyak diharapkan oleh masyarakat untuk bisa memanfaatkannya dalam keadaan darurat.

Patloo mengatakan bahwa di sekitar daerah danau memang banyak yang menderita akiat kekurangan fasilitas medis yang mumpuni. Di daerah yang sulit terjangkau memang serng kali membuat terhambatnya pertolongan darurat kepada masyarakatnya.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Dalam Layanan Ambulan Terapung

Saat ini, perahu ambulan ini telah memiliki fasilitas sirene dan pengeras suara yang akan digunakan untuk mengingatkan masyarakat agar gunakan masker dan juga jalan protokol kesehatan lainnya, ujar Tariq Ahmad Patloo.

Beberapa fasilitas perawatan kesehatan juga dimiliki perahu ini, tetapi Patloo meminta kepada Pemerintah untuk bisa memberikan fasilitas dokter agar dapat merawat pasien lebih baik dalam keadaan darurat.

Ia juga menyebutkan bahwa akan tersedia oksigen untuk bisa digunakan saat perawatan. Layanan ini baru dimiliki oleh Danau Dal di Lembah Jammu dan Kashmir, sehingga diharapkan untuk bisa segera hadir di Danau Nigeen dan danau lainnya untuk memaksimalkan penanganan virus ini.

Ambulans ini juga diharapkan ramah bagi seluruh masyarakat di sekitar Danau Dal. Di dalamnya juga terdapat APD, kursi roda, tandu, serta alat media lainnya akan menunjang performa dari ambulans apung ini.

4 dari 4 halaman

Keterangan Foto Dalam Postingan ANI

Dalam postingan yang diunggah oleh akun Twitter Asian News International, terdapat empat foto yang diunggah pada tanggal 11 Mei 2021 lalu. Dari foto-foto tersebut terlihat situasi dan kondisi yang dimiliki oleh perahu ambulans ini.

Unggah iu juga memberikan caption untuk menjelaskan situasinya, “Jammu & Kashmir: Tariq Ahmad Patloo yang berbasis di Srinagar menyiapkan ambulans terapung untuk menangani krisis COVID-19. Dia berkata, “Mengingat situasi di rumah sakit dan rumah karena meningkatnya kasus, saya telah menyiapkan fasilitas ini untuk orang-orang, yang memiliki perlengkapan APD, tandu & kursi roda.”,” kata Patloo kepada ANI.

Dari postingan tersebut, banyak mendapat komentar baik dapat para warga net, beberapa berikan emoji hati karena mendukung tindakan luar biasa ini.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.