Sukses

6 Cara Mudah Membuat Kucing Gemuk Kamu Rajin Bergerak

Agar kucing gemuk kamu rajin bergerak sekaligus bisa menurunkan berat badannya, kamu bisa praktekkan beberapa hal ini di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kucing gemuk memang tampak lucu dan menggemaskan, tapi jangan terlalu senang ya. Sebab kucing yang kelebihan berat badan berisiko mengalami sejumlah penyakit berbahaya dan penurunan harapan hidup. Selain itu, mereka juga cenderung tidak aktif seperti biasanya. Alhasil, kita jadi seperti kehilangan teman bermain.

Agar kucing gemuk kamu rajin bergerak sekaligus bisa menurunkan berat badannya, kamu bisa praktekkan beberapa hal ini di rumah yakni pendekatan melalui makanan dan mainan.

Kucing gendut memiliki motivasi lebih pada makanan, jadi buatlah waktu makan atau ngemil sebagai bagian dari latihan.

1. Parade Waktu Makan!

Hal pertama adalah tidak perlu lagi memberi makan secara gratis. Taruh makanan kucing di mangkuknya dan bawa jalan-jalan di sekitar rumah. Jika memiliki tangga, lebih baik.

Bawa makanan dan beri kucing petunjuk dengan begitu dia akan lebih aktif bergerak, terlebih harus menaiki tangga. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan mangkuk secara berkala selama 5 detik atau lebih, agar kucing bisa mencicipinya dan selalu mengikuti kamu.

2. Dorong Kucing Mengejar Makanan

Buat suasana makan lebih atraktif dan semangat. Misalnya kamu bekerja sama dengan anggota keluarga lain untuk memberi makan. Satu di sudut kanan dan satu di sudut kiri, beri makanan satu-satu. Atau kalau memang sendirian, kamu bisa coba melemparkan satu makanan ke lorong agar dikejar kucing. Lakukan ini berulang-ulang dan desak kucing kembali kepada kamu sebelum melempar makanan selanjutnya. Kucing akan mendapatkan latihan yang cukup tanpa ia sadari.

3. Letakkan Mangkuk Makan di Tempat Berbeda

Amankan kucing di ruangan lain saat kamu sedang menyiapkan makanan. Letakkan mangkuk makanan di tempat berbeda, sebelum kamu melepaskannya sehingga dia harus bergerak dan mengejar. Kucing memiliki hidung yang bagus dan pasti akan menemukan makanannya, yang penting dia harus bergerak lebih banyak dari biasanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendekatan Melalui Mainan

Kucing yang sehat adalah kucing yang aktif! Rangsang insting predator kucing untuk membuatnya bergerak.

4. Tongkat Ajaib

Ada begitu banyak mainan tongkat untuk kucing di luar sana, kamu cukup memilih satu atau dua. Kucing yang paling malas pun akan bergerak ketika kamu memainkannya. Perhatikan bagaimana kucing bermain untuk memilih mainan tongkat yang tepat.

Beberapa kucing suka berburu di tanah, seperti mainan yang meluncur di tanah, dan beberapa suka berburu di langit, seperti penerbang berbulu yang bisa dikejar.

5. Variasi Mainan

Mainan yang sama bisa menjadi membosankan untuk kucing, maka dari itu berikan mainan yang berbeda untuk menarik perhatiannya. Kehadiran mainan baru akan mendorong kucing untuk bermain lebih aktif.

3 dari 3 halaman

6. Permainan Laser

Mainan laser dan lampu LED bisa menarik hampir semua perhatian kucing. Alat yang hebat untuk membantu kamu mempelajari bagaimana kucing suka bermain. Perhatikan apakah kucing suka berburu laser secara sederhana atau lebih suka mengejarnya, maka fokuslah pada permainan itu.

Coba juga telusuri furnitur dan dinding dengan laser, jika kucing mengikutinya, maka lanjutkan. Ingatlah untuk melemparkan mainan kepada kucing di akhir permainan. Sebab perburuan tanpa hasil pada akhirnya hanya akan membuat kucing frustrasi.

Menjaga pola makan tetap teratur juga jadi kunci penting untuk mengembalikan berat badan ideal si kucing. Bila sejak awal kamu sudah menerapkan pola makan dua kali sehari pada jam tertentu, pastikan selalu menjaganya dengan baik.

Hindari memberi makan pada jam di luar itu karena kebiasaan tersebut tak terlalu baik untuk kucing yang mengalami obesitas. Kemudian yang juga tak kalah penting adalah memilih makanan kucing yang tepat seperti Muezza agar meski dalam masa menurunkan berat badan, tapi kesehatan mereka tetap terjaga. 

Muezza dibuat dari bahan alami yang menyimpan beragam kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, omega 3, dan lain sebagainya. Cat food ini memiliki empat varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera kucing kesayangan, yakni Tuna, Mackerel, Ocean Fish, dan juga Salmon.

Yuk segera dapatkan Muezza dengan mudah di Shopee dan Tokopedia.Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini