Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Oleh Ulya Kaltsum pada 21 Mei 2021, 19:04 WIB
Diperbarui 21 Mei 2021, 19:04 WIB
5 Kesalahan Pada Makanan yang Dapat Mempeburuk Kulit Anda
Perbesar
Ternyata, beberapa kesalahan pada makanan di bawah ini justru dapat merusak kulit Anda, penasaran apa saja? (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan buruk saat malam hari dapat merusak kulit wajah dan kerap Anda lakukan tanpa sadar. Saat siang hari, Anda merawat kulit dengan menggunakan pelembab dan tabir surya. Namun, merawat kulit di malam hari sama pentingnya agar kulit tetap sehat dan bersih.

Kebiasaan buruk saat malam hari yang bisa merusak kulit wajah tak selalu berkaitan dengan malas membersihkan sisa kotoran dan makeup. Berbagai masalah, seperti kulit kusam, jerawat, pori-pori besar, dapat terjadi karena kebiasaan tak sehat yang seringkali Anda lakukan saat malam hari.

Oleh karena itu, dengan menghindari kebiasaan buruk saat malam hari ini, kulit wajah akan senantiasa terjaga kesehatannya dan terhindar dari kerusakan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Tidak mencuci muka

mencuci muka
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TORWAISTUDIO

Salah satu "dosa" yang Anda lakukan saat malam hari sebelum tidur adalah tidak membersihkan wajah. Anda perlu mencuci wajah sebelum tidur, meski nyamannya tempat tidur terlihat lebih menggoda ketimbang harus membersihkan wajah dari makeup dan debu.

Pasalnya, kulit wajah kita telah melalui berbagai hal sepanjang hari sehingga malam adalah waktu yang tepat untuk memanjakan kulit wajahmu. Mencuci muka saat malam hari dapat membantu membersihkan pori-pori kulit, mencegah munculnya jerawat, hingga memudahkan proses regenerasi kulit.

Sebaiknya, jangan melewati mencuci muka saat malam hari sebelum tidur agar kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Kurang tidur

5 Zodiak Susah Tidur, Bisa Jadi Teman Begadang Terasyik!
Perbesar
Soal tidur, selalu ada yang mengganggu lima zodiak ini. (Sumber foto: unsplash.com)

Begadang atau kurang tidur memiliki beragam efek buruk bagi kesehatan kulit. Saat kurang tidur, kadar kortisol meningkat sehingga memicu peradangan di kulit sehingga wajah menjadi kusam.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih rentan terkena bakteri penyebab jerawat.

Kebiasaan buruk saat malam hari ini dapat memicu tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya agar kulit tetap sehat dan terlihat awet muda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Tidak mengganti sarung bantal secara teratur

[Bintang] Ingin Memiliki Kulit Cantik? Kamu Harus Rajin Mencuci
Perbesar
Hati-hati bantal dan guling yang kotor bisa menyebabkan jerawat | via: http: i.huffpost.com

Faktanya, ada berbagai kotoran dan bakteri yang menempel pada sarung bantal sehingga menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah. Selain itu, sel kulit mati yang terkikis saat Anda tidur akan berkumpul di bantal dan menyebabkan timbulnya komedo.

Seorang cleaning expert asal Australia, Shannon Lush, mengatakan bahwa sarung bantal sebaiknya diganti lebih sering, yakni setiap dua hari sekali.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Kamar terlalu hangat

Suhu Kamar yang Terlalu Panas
Perbesar
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Tina

Suhu kamar yang terlalu hangat ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Dikutip dari Byrdie, berada di ruangan dengan temperatur tinggi dapat membuat kulit kusam, kering dan 'haus' saat pagi hari.

Karena itu, sebaiknya Anda tak menyalakan penghangat ruangan yang terlalu tinggi saat malam hari. Jika cuaca terlalu dingin, Anda bisa menggunakan kaus kaki untuk menghangatkan tubuh dan merasa nyaman.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Melewatkan pelembab wajah

Kecantikan
Perbesar
Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

Kebiasaan buruk saat malam hari yang dapat merusak kulit adalah tak menggunakan pelembab. Pasalnya, moisturizer berfungsi untuk melembabkan wajah saat malam hari yang membutuhkan kandungan air lebih banyak daripada siang hari.

Selain itu, penggunaan moisturizer di malam hari dapat membantu memperbaiki regenerasi sel kulit secara alami.  Hal ini akan membantu wajah terlihat sehat dan bercahaya keesokan harinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓