Sukses

Orang Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan, Ini Faktanya

Orang pendek diketahui lebih sulit menurunkan berat badan ketimbang yang bertubuh tinggi

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal menurunkan berat badan, cara dan metode mungkin berbeda untuk semua orang. Banyak faktor yang dapat memengaruhi proses penurunan berat badan Anda.

Meskipun diet atau rutinitas kebugaran tertentu mungkin berhasil untuk seseorang yang Anda kenal, hal itu mungkin bekerja sama sekali berbeda untuk Anda. Dari hormon, usia, hingga gaya hidup, banyak hal yang dapat memengaruhi tujuan penurunan berat badan Anda.

Selain itu, tinggi badan Anda juga bisa menentukan nasib proses penurunan berat badan Anda. Konon, diyakini bahwa menurunkan berat badan jauh lebih sulit bagi orang yang lebih pendek daripada orang yang lebih tinggi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apakah tinggi badan Anda memengaruhi berat badan Anda?

Tinggi badan memainkan peran penting dalam menentukan pendekatan penurunan berat badan Anda. Sementara orang yang lebih tinggi memiliki lebih banyak massa otot daripada orang yang lebih pendek, kemungkinan orang bertubuh pendek harus bekerja lebih keras daripada orang bertubuh tinggi untuk menurunkan berat badan.

Orang pendek secara alami memiliki massa tanpa lemak yang lebih sedikit, yang terdiri dari jaringan, organ, tulang dan otot. Massa otot tanpa lemak memengaruhi laju metabolisme basal (BMR) Anda, yang menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat.

Jadi, jumlah kalori yang Anda bakar dengan rutinitas olahraga yang berbeda bergantung pada jumlah massa tanpa lemak yang Anda miliki di tubuh Anda. Konon, semakin tinggi jumlah lean mass dalam tubuh, semakin besar metabolisme dan semakin cepat proses penurunan berat badan.

Oleh karena itu, sementara orang yang lebih pendek memiliki massa otot yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang lebih tinggi, mereka mungkin harus bekerja lebih keras untuk menurunkan berat badan. Namun, penting untuk diingat bahwa banyak faktor lain seperti perubahan gaya hidup, hormon, kebiasaan tidur, dan lainnya dapat memengaruhi perjalanan penurunan berat badan Anda.

 

3 dari 6 halaman

Kiat penurunan berat badan yang efektif untuk orang pendek

Meskipun menurunkan berat badan mungkin sulit dilakukan bagi orang yang bertubuh pendek, namun hal tersebut jelas bukan tidak mungkin. Dengan ketulusan yang tinggi dan dengan mengikuti pola makan dan kebugaran yang benar, Anda dapat mencapai berat badan yang sehat dalam waktu singkat.

Karena itu, berikut adalah beberapa tips penurunan berat badan efektif yang dapat Anda ikuti jika Anda bertubuh pendek:

 

4 dari 6 halaman

1. Batasi asupan makanan Anda

Mengingat orang yang lebih pendek membakar lebih sedikit kalori, penting bagi Anda untuk mengurangi asupan makanan berkalori tinggi juga. Makanlah sesuai kebutuhan Anda dan hentikan setelah perut Anda kenyang. Jangan makan berlebihan karena dapat merusak tujuan penurunan berat badan Anda.

 

5 dari 6 halaman

2. Terlibat dalam angkat beban

Latihan kekuatan adalah tujuan yang harus Anda capai jika Anda bertubuh pendek dan ingin menurunkan berat badan. Angkat beban untuk menambah dan memperkuat massa otot Anda.

 

6 dari 6 halaman

3. Perhatikan asupan kalori Anda

Dalam hal menurunkan berat badan, yang terpenting adalah kalori, terutama untuk orang yang lebih pendek. Hitung asupan kalori Anda dengan bantuan kalkulator kalori online. Ini akan membantu Anda membatasi diet sesuai kebutuhan tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.