4 Alasan Menikah dengan Sahabat Bakal Bikin Hidupmu Lebih Bahagia

Oleh Sulung Lahitani pada 17 Mei 2021, 18:02 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 18:02 WIB
tahun pertama menikah
Perbesar
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@ku3weddinghouse

Liputan6.com, Jakarta Menikah dengan sahabat Anda terdengar menyenangkan. Anda mengenal satu sama lain dengan sangat baik, hubungan Anda cukup dewasa untuk secara terbuka membicarakan perasaan terdalam, dan tidak ada masalah kepercayaan atau rasa tidak aman.

Menariknya, penelitian mengonfirmasi fakta bahwa pernikahan dengan sahabat sering kali mendatangkan banyak manfaat. Melansir dari Bright Side, berikut pembahasannya.

 

2 dari 6 halaman

Orang yang menganggap pasangannya sahabat lebih puas dengan hidup mereka

Editor Says: Menikah Sesuai Tanggalan Gedung
Perbesar
Ilustrasi menikah. (inspiredbythis.com)

Pernikahan itu sendiri mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang menikah yang memiliki persahabatan dekat dengan pasangannya mendapatkan keuntungan kesejahteraan dari pernikahan tersebut dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Studi lain mengungkapkan bahwa pasangan menikah dengan cinta berbasis pertemanan merasa lebih dekat dengan pasangan mereka, memiliki kepuasan hubungan yang lebih besar, merasakan pentingnya hubungan yang lebih besar, dan memiliki rasa hormat yang lebih besar satu sama lain.

 

3 dari 6 halaman

Pernikahan mereka berlangsung lebih lama

kegiatan setelah menikah
Perbesar
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@ku3weddinghouse

Peneliti bertanya kepada pasangan yang telah menikah bahagia selama lebih dari 15 tahun apa alasan nomor satu untuk kesuksesan dan umur panjang hubungan mereka. Dan jawaban yang paling umum di antara para peserta adalah bahwa pasangan mereka juga sahabat mereka.

Tanggapan kedua yang paling umum adalah bahwa mereka menyukai pasangan mereka sebagai pribadi, yang merupakan aspek kunci lain dari cinta berbasis persahabatan.

 

4 dari 6 halaman

Mereka lebih bahagia sepanjang hidup mereka

pasangan menikah
Perbesar
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Edward Cisneros on Unsplash

Membangun persahabatan yang dalam dan berkelanjutan dengan pasangan Anda tidak hanya memungkinkan Anda memperoleh kegembiraan dan kebahagiaan terbesar, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan umur panjang emosional, fisik, dan psikologis.

 

5 dari 6 halaman

Pasangan sahabat adalah mitra yang lebih baik untuk satu sama lain

[Bintang] Ilustrasi Relationship
Perbesar
Menikah butuh komitmen tinggi, jadi jangan percaya 5 mitos menyesatkan ini ya. (Via: ourhousefamilies.org)

Penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan dengan cinta yang didasarkan pada persahabatan, kenyamanan, perasaan kasih sayang, dan minat bersama lebih memuaskan bagi pasangan daripada yang didasarkan pada cinta yang penuh gairah.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓