Sukses

Cara Mengatasi Agar Lidah Tidak Gatal Setelah Makan Nanas

Di balik lezatnya dan segudang manfaatnya bagi tubuh, banyak individu kerap merasakan sensasi lidah gatal usai makan nanas.

Liputan6.com, Jakarta - Nanas menjadi salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Biasanya, buah yang khas dengan rasa asamnya ini banyak digunakan untuk diolah menjadi minuman dan camilan.

Namun, di balik lezatnya dan segudang manfaatnya bagi tubuh, banyak individu kerap merasakan sensasi lidah gatal usai makan nanas.

Melansir dari World of Buzz, Sabtu (15/5/2021), kondisi itu sebenarnya disebabkan oleh enzim dalam buah yang disebut bromelain. Itu adalah enzim yang memecah protein yang menyerang bagian dalam mulutmu sehingga menimbulkan gatal dan bengkak di bagian lidah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Khawatir

Namun Anda tidak perlu khawatir, setelah Anda mengunyah dan menelan nanas, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralisir bromelain.

Nantinya lidah Anda akan kembali memproduksi protein-protein dan asam amino sehingga rasa gatal di lidah akan cepat hilang.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menghindari Rasa Gatal

Jika Anda malas mengolahnya dan ingin memakannya langsung, Anda bisa menghindari rasa gatal tersebut dengan memotong bagian yang paling jauh dari batang dan inti, karena di situlah sebagian besar bromelain terkonsentrasi.

Nah, kalau Anda sudah makan nanas dan merasakan sakit di lindah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok yogurt dan ezim akan fokus pada pemecahan protein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.