Sukses

Disuruh Putar Balik, Pasutri Ini Rela Lewat Sungai Demi Bisa Mudik

Momen pemudik cari jalan alternatif demi berkunjung ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta Semenjak larangan mudik diberlakukan mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, pihak kepolisian memperketat penyekatan arus mudik di sejumlah daerah.

Tak sedikit warga yang mencoba menerobos ataupun mencari jalur alternatif bagi mereka belum sempat mudik sebelum larangan berlaku.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan suami istri ini yang rela menyewa perahu untuk menyeberangi sungai yang mengawali perjalanan mudiknya dari Pasar Kemis, Tangerang hinga tiba di Brebes kampung halamannya. 

Meski bertaruh nyawa, mereka nekat demi lebaran bersama keluarga besar. Usaha mereka terekam melalu akun Tiktok @kaylakaynan pada (10/5/2021).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alami penyekatan

Saat tiba di Tanjung Pura pihak kepolisian telah lebih dulu mencurigai mereka sebagai pemudik dan terpaksa kendaraan motor yang dikendarai putar balik.

Perjuangannya pun dimulai dengan beragam alasan untuk mengelabuhi pihak berwajib. 

"Pas ditanya polisi habis dari mana, kita alasan aja habis shopping dari Tanah Abang dan mau pulang ke Karawang," tulisnya pada narasi video tersebut. 

Lucunya, dalih yang dibuat tetap ketahuan saat identitas KTP mereka diperiksa.

3 dari 5 halaman

Menyeberangi sungai

"Alhasil langsung disuruh putar balik dan kita puter otak untuk cari jalan tikus," tambahnya.

Mereka pun mengelilingi tiap jalan tikus dan berkat kegigihannya akhirnya menemukan titik terang.

Namun, jalanan itu bukan beraspal melainkan kali yang mengharuskan kendaraannya dinaiki ke atas perahu yang telah menyambut di tepi sungai.

4 dari 5 halaman

Momen menerjang kali

@kaylakaynan

panik ga panik ga ya ga lah...masa panik..🤪😀##fypシ ##mudiklebaran2021 ##mudikdilarang

♬ Panik Gak Panik Lah - Tiktokmusic
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan pasutri mudik lewat sungai tuai perhatian warganet. Rupanya, keberadaan sungai ini sudah akrab di kalangan pemudik 2021 ini untuk menghindari penyekatan di berbagai area. 

"Aku bisa tadi mudik lewat Kalimalang berangkat jam 10 dari Bekasi gak ada penyekatan sama sekali di Tanjung Pura seterusnya," tulis akun @Sofia yeni.

"Belakang rumahku sungai & akhir-akhir ini perahu penyeberangan rame pemudik karena memang ada jalan alternatif," ungkap akun @Iki Kidid. 

"Lah ini mending siang terang, kemarin saya subuh-subuh pas sahur mana gerimis jalanan becek ngeri kecebur😂," jelas akun @nengkanti88. 

"Heh sumpah demi apapun ini sebrangan perahu bapak gw😁," tambah akun @khoerun Nisa. 

"Kalo lagi kering sih aman tp klo lg banjir sumpah menegangkan dan gw pernah mau mati di sungai itu gara2 tali nya putus satu😌," balas akun @tiandiharjo47. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.