5 Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Oleh Camelia pada 17 Mei 2021, 09:01 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 09:01 WIB
Memulai Topik Pembicaraan dengan Mengomentari Bentuk Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Lebaran kerap menjadi momen yang spesial bagi banyak orang. Pasalnya di hari tersebut kita bertemu dengan sanak saudara dan keluarga besar. Ditambah lagi Lebaran identik dengan sajian menu makanan khas Lebaran yang selalu menggiurkan.

Sebuat saja ketupat sayur, opor ayam, rendang dan semur kerap kita temui saat perayaan Lebaran. Belum lagi dengan kue-kue kering dan camilan khas Lebaran yang juga selalu ada di semua rumah.

Hal ini pun membuat kita tak dapat menahan godaan untuk makan secara terus-menerus. Tak heran jika beberapa kebiasaan yang dilakukan saat Lebaran itu membuat berat badan menjadi naik drastis.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran sebelum kembali melakukan aktivitas harian. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

Kurangi Cemilan

Lapar
Perbesar
Ilustrasi Makan Cemilan Credit: pexels.com/pixabay

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi camilan. Dengan menghilangkan kebiasaan ngemil setiap hari, maka Anda hanya akan mengandalkan makan besar tiga kali sehari. Secara tidak langsung berat badan Anda akan berkurang.

3 dari 7 halaman

Makan Sedikit Namun Sering

Adanya Iritasi atau Bisul Pada Sistem Pencernaan
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Junk Food Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda orang yang sulit mengendalikan nafsu makan, cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa dilakukan ialah dengan makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit.

Makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering ini dapat membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan. Sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil. Selain itu, pola makan tersebut juga dapat mengondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.

4 dari 7 halaman

Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Makanan Ringan
Perbesar
Ilustrasi Cookies Credit: pexels.com/pixabay

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan mengandung lemak. Makanan manis dan berlemak merupakan salah satu penyumbang kalori pada tubuh.

Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan sumber masalah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini pun membuat Anda tidak tergoda untuk ngemil atau makan dalam porsi yang banyak.

6 dari 7 halaman

Olahraga Teratur

Ilustrasi olahraga, stretching
Perbesar
Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)

Selanjutnya yang perlu dilakukan ialah olahraga secara teratur. Menjaga pola makan yang sehat dan bergizi memang wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan melupakan pentingnya manfaat dari olahraga secara rutin. Dengan olahraga rutin dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dan efektif.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓