Sukses

3 Manfaat dari Puasa Ramadhan yang Jarang Disadari

Tanpa disadari, kita mendapatkan manfaat penting dari puasa ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Kegiatan berpuasa ini ternyata mempunyai manfaat yang jarang disadari.

Sudah banyak penelitian yang mengakui manfaat kesehatan dari berpuasa. Dikutip dari About Islam, Selasa (11/05/2021), sebuah studi menjelaskan beberapa manfaat yang didapat dari puasa, salah satunya manfaat kesehatan.

Saat melakukan puasa, tubuh sedang menahan diri untuk tidak makan dan minum. Dalam keadaan tersebut, tubuh akan menyembuhkan diri dari racun. Hindari makan berlebihan dan tidur sepanjang hari untuk mendapatkan manfaat terbaik. Simak daftar manfaatnya di bawah ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Detoks Tubuh

Detoksifikasi merupakan cara tubuh untuk membersihkan limbah racun di dalam tubuh. Ada banyak sistem yang digunakan oleh tubuh untuk membuang zat berbahaya. Seperti kelenjar getah bening, air mata, kelenjar keringat, saluran pencernaan, hidung, ginjal, hati, paru-paru, dan tenggorokan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak makan berlebihan saat berpuasa. Agar proses detoksifikasi tubuh dapat bekerja secara efektif. Sebab, makan yang berlebihan dapat menghalangi proses tersebut.

 

3 dari 4 halaman

2. Perbaikan Ibadah

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat Islam, di mana seluruh amal ibadah yang dilakukan akan berlipat ganda pahalanya. Ini menjadi sebuah kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan ibadah.

Banyak orang yang melakukan dzikir, membaca Al Qur'an, iktikaf, dan sholat sunah. Iktikaf bermanfaat untuk tubuh karena dapat mengurangi produksi hormon stres dan merelaksasi tubuh.

 

4 dari 4 halaman

3. Penyembuhan Psikologis

Selain meningkatkan ibadah dan menyehatkan fisik, ramadhan juga bermanfaat dalam penyembuhan emosional diri. Setiap hari tubuh harus menghadapi emosional yang terangsang dari luar.

Saat tubuh mengalami tingkat stres yang tinggi, maka semakin banyak limbah metabolisme yang harus dibersihkan oleh tubuh. Lewat berpuasa, kita dapat membantu tubuh untuk membuang limbah metabolisme dan detoksifikasi emosional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.