Sukses

9 Tips Simpan Kue Kering Lebaran Agar Tahan Lama

Berikut ini adalah tips menyimpan kue kering lebaran agar tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sebentar lagi, tak sedikit masyarakat yang telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut hari spesial tersebut. Biasanya saat lebaran, banyak individu telah menyiapkan beragam hidangan khas lebaran beberapa hari sebelum perayaannya.

Hidangan tersebut berupa masakan berat yang telah menjadi ciri khas di momen lebaran, yaitu ketupat dan opor. Namun tak hanya ketupat, kue kering juga menjadi camilan wajib yang selalu ada di setiap rumah saat lebaran.

Kue kering merupakan sajian yang selalu dihidangkan di setiap rumah untuk menyambut para sanak saudara yang datang untuk bersilaturahmi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Beragam Pilihan Kue Kering

Umumnya orang menyediakan berbagai macam jenis kue kering di rumah sebagai pilihan. Terkadang saking banyaknya pilihan, kue kering juga masih tersisa hingga waktu lebaran telah berakhir. Namun jangan khawatir, pasalnya kue kering bisa bertahan lama jika disimpan dengan cara yang tepat.

3 dari 5 halaman

Tips Simpan Kue Kering Agar Tahan Lama

Dikutip dari Merdeka, Rabu (12/5/2021), berikut ini tips menyimpan kue kering lebaran agar tahan lama.

  • Sebelum menyimpan kue kering dalam toples, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Kue kering yang baru keluar dari oven dan masih panas cenderung rentan dan teksturnya masih lembek. Ini akan merubah tekstur dan juga rasa jika langsung disimpan di dalam toples.
  • Pilih toples yang kedap udara untuk menyimpan kue kering yang Anda buat.
  • Untuk kue kering yang teksturnya rapuh, pastikan Anda memilih toples yang tidak terlalu tinggi agar tidak mudah remuk.

 

4 dari 5 halaman

Perhatikan Kebersihan Toples

  • Sebelum menggunakan toples untuk menyimpan kue kering, pastikan toples benar-benar bersih dan tidak ada sisa makanan.
  • Berikan lapisan kertas di setiap layer kue agar kue tidak menempel satu sama lain.
  • Usahakan untuk menyimpan toples di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan toples di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan jauhkan dari makanan yang berbau tajam.
5 dari 5 halaman

Tips Selanjutnya

  • Sebelum menyimpan kue kering dalam toples yang ditaruh dalam kulkas, pastikan Anda menutupnya rapat dan hindari menyimpan dalam kulkas yang penuh dengan makanan.
  • Gunakan silica gel saat menyimpan kue kering dalam toples untuk menyerap kelembapan dalam toples.
  • Untuk kue kering yang memiliki tekstur renyah pastikan Anda menyimpannya dalam toples kaca untuk menjaga kerenyahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.