Sukses

Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Sholat Idul Fitri

Berbeda dengan mandi pada biasanya, terdapat tata cara mandi Idul Fitri yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Melaksanakan sholat Idul Fitri menjadi rangkaian ibadah bagi Umat Islam di akhir pelaksanaan Bulan Ramadan.

Untuk itu, Anda ketahui Niat dan tata cara mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri agar mendapatkan berbagai keutamaannya.

Apalagi, setelah menyelesaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh kemarin, Anda tentu perlu menyambut hari kemenangan dengan jiwa yang baru dan tubuh yang bersih.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri dari hadast kecil atau pun besar adalah dengan mandi. Oleh sebab itu, Anda sebagai umat Muslim dianjurkan untuk mandi di pagi hari sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.

Adapun sunnah untuk mandi menjelang sholat Idul Fitri memiliki kesamaan seperti sunnah mandi sebelum shalat Jumat.

Saat hari raya, umat Islam berkumpul di masjid atau tanah lapang untuk melaksanakan sholat ied. Dasar sunnah ini diperkuat dengan atsar dari Sayyidina Ali bin Abu Thalib dan Abdullah bin Umar yang membiasakan mandi sebelum sholat Idul Fitri. 

Keutamaan mandi sebelum sholat Idul Fitri yaitu memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam melaksanakan proses ibadah.

Rasulullah pernah mencontohkan dalam perbuatannya. Bahkan kebiasaan ini juga dilakukan para sahabat seperti Ali bin Abu Thalib dan Abdullah bin Umar, yang selalu mandi sebelum berangkat sholat Idul Fitri. Hal ini diutarakan Ibnu Abbas RA yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha (HR. Ibnu Hibban). 

Sementara ada riwayat lain tentang seseorang yang bertanya tentang mandi kepada Ali bin Abu Thalib, Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau." Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arofah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.” (HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa’ 1/177).

Berbeda dengan mandi pada biasanya, terdapat tata cara mandi Idul Fitri yang harus Anda lakukan. Mulai dari niat hingga mengguyur seluruh tubuh dari kepala hingga ujung kuku dengan air.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tentang niat dan tata cara mandi sebelum sholat Idul Fitri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Mandi Sholat Idul Fitri

Dalam sebuah hadits menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan mandi lebih dulu sebelum melaksanakan sholat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri.

Dari Nafi’ ia berkata: “Abdullah bin Umar biasa mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke tanah lapang.” (HR. Imam al-Bukhari).

Sementara, waktu yang dianjurkan untuk mandi sholat Idul Fitri adalah sebelum atau sesudah sholat subuh di pagi hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal.

Berikut bacaan niat mandi sholat Idul Fitri:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِعِيْدِ اْلفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla li’idil fithri sunnatan lillahi ta’ala

Artinya:

“Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta’ala.”

3 dari 3 halaman

Tata Cara Mandi Idul Fitri

1. Membaca niat sholat mandi sunnah Idul Fitri. Niat yang ditujukan kepada Allah ini untuk menyucikan diri dan menghilangkan diri dari hadast kecil ataupun besar. 

2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali dengan air mengalir

3. Membersihkan semua najis dan kotoran pada tubuh terutama pada bagian lipatan.

4. Berwudhu untuk menyucikan tubuh

5. Mengguyur seluruh tubuh dari atas kepala hingga bawah dengan air mengalir.

6. Siram anggota tubuh dimulai dari sebelah kanan, kemudian kiri.

7. Lalu, lanjutkan seperti mandi pada umumnya hingga tubuh bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.