Hilangkan Keriput hingga Jerawat, 4 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Kulit

Oleh Camelia pada 09 Mei 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kulit pisang
Perbesar
Ilustrasi kulit pisang (Photo by stevepb on Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pisang menjadi salah satu buah yang bagus untuk kesehatan Anda. Buah kuning ini kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalium, dan magnesium. Umumnya usai memakan buahnya, kita akan membuang kulit pisang.

Namun ada baiknya Anda tak membuang kulit pisang Anda mulai sekarang. Pasalnya kulit pisang dapat memberikan beragam manfaat salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Caranya cukup menggosokkannya ke kulit Anda.

Dikutip dari Libelle dan Wikihow, berikut manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

1. Kutil

Menghaluskan Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah yang Terawat Credit: pexels.com/pixabay

Anda memiliki kutil? Maka kulit pisang dapat membantu Anda menghilangkannya dalam waktu singkat. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan kulit pisang pada kutil sebelum tidur dan menutupinya dengan sedikit perban. Ulangi trik ini setiap malam selama sekitar satu minggu. Anda akan melihat bahwa kutil akan rontok dengan sendirinya.

2 dari 6 halaman

2. Keriput

Menjadikan Kondisi Wajah Berjerawat Sebagai Bahan Candaan
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Tahukah Anda bahwa antioksidan dalam kulit pisang dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda? Kulit pisang secara sederhana bisa mencegah keriput. Gosok kulit di wajah Anda dan tunggu selama setengah jam. Selanjutnya, basuh wajah Anda sampai bersih dan ulangi trik ini selama beberapa hari. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat bahwa kerutan Anda sudah berkurang.

3 dari 6 halaman

3. Jerawat

Membantu Mengatasi Masalah Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Kulit pisang adalah penyelamat dalam memerangi jerawat. Gosok perlahan bagian dalam kulit pisang pada kulit Anda. Biarkan menempel di kulit Anda setidaknya selama dua jam. Trik ini bekerja paling baik jika Anda membiarkannya di kulit Anda sepanjang malam sebelum benar-benar mencuci muka. Lakukan ini setiap hari dan Anda akan melihat hasilnya setelah beberapa hari.

4 dari 6 halaman

4. Memar

Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Permukaan Kulit
Perbesar
Ilustrasi Luka Pada Permukaan Kulit Credit: pexels.com/pixabay

Cara sederhana untuk membantu memar cepat memudar adalah dengan kulit pisang. Gosok bagian dalam kulit di atas memar selama sepuluh hingga tiga puluh menit. Selanjutnya, tutupi dengan perban dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, memar akan sedikit memudar.

5 dari 6 halaman

5. Gigi Putih

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustrasi gigi (sumber: Pixabay)

Selain untuk kulit, rupanya kulit pisang juga dapat membantu memutihkan gigi. Gosok bagian dalam kulit pisang di sepanjang gigi Anda, sampai benar-benar tertutup lapisan pasta pisang. Biarkan selama sekitar sepuluh menit. Kemudian sikat gigi Anda dengan sikat gigi kering agar pasta pisang menghasilkan keajaiban. Sikat gigi Anda dengan gerakan memutar selama tiga menit. Lakukan ini setiap hari dan Anda akan melihat hasilnya setelah dua minggu.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓