Sukses

6 Momen Lebaran Sebelum Pandemi Covid-19 yang Bikin Kita Kangen

Berikut ini deretan momen lebaran sebelum pandemi Covid-19 yang dirindukan oleh banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Masih sama seperti tahun lalu, lebaran tahun ini harus dijalani di tengah pandemi Covid-19. Hal ini membuat momen lebaran cukup berbeda dengan lebaran di tahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi Covid-19 mewabah.

Pemerintah pun telah secara tegas melarang masyarakat untuk melakukan mudik jauh hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini membuat banyak masyarakat yang tak bisa berkumpul dengan saudara di kampung. Tak hanya mudik, tentunya masih ada momen lebaran lain yang tak bisa kita lakukan yang bisa rindu. Berikut ini deretan momen lebaran sebelum pandemi Covid-19 yang dirindukan oleh banyak orang.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mudik

Perayaan Idul Fitri sangat identik dengan tradisi mudik. Ya, di momen lebaran banyak masyarakat yang tentu ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Bahkan tak sedikit orang yang telah merencanakan kegiatan mudik jauh-jauh hari sebelum hari lebaran tiba. Kini masyarakat tak bisa menjalani tradisi tersebut guna mencegah penularan virus Covid-19 yang belum mereda. Sebagai gantinya kita hanya bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung secara virtual.

3 dari 7 halaman

Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan seluruh umat muslim di dunia di hari raya Idul Fitri. Namun sama seperti tahun lalu, tahun ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk shalat Idul Fitri di rumah. Tentu tak sedikit orang yang merindukan shalat Idul Fitri di masjid seperti lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

4 dari 7 halaman

Kumpul Keluarga

Momen lebaran kerap dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga besar. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan. Sayangnya tahun ini tak sedikit yang sulit untuk bertemu langsung terlebih jika keluarga tinggal di kota yang berbeda.

5 dari 7 halaman

Makan Masakan Lebaran Bersama Keluarga

Ketika berkumpul bersama keluarga di hari lebaran biasanya kita akan menyantap masakan lebaran bersama. Mulai dari ketupat, opor ayam, semur, sambal goreng kentang dan lainnya. Namun momen kehangatan tersebut nampaknya berkurang lantaran kita tak bisa berkumpul bersama keluarga besar.

6 dari 7 halaman

Bersilaturahmi dengan Tetangga

Usai shalat Idul Fitri biasanya salah satu kegiatan yang banyak dilakukan saat hari lebaran ialah berkunjung ke rumah tetangga untuk bersilaturahmi. Tak jarang orang yang bahkan melakukan open house agar siapa saja dapat berkunjung dan bermaaf-maafan di hari lebaran atau bahkan mencicipi kue lebaran. Namun hal itu nampaknya kita mustahil untuk dilakukan ya.

7 dari 7 halaman

Bagi-Bagi THR

Saat berkumpul dengan keluarga atau tetangga salah satu momen seru yang paling ditunggu ialah momen bagi-bagi THR. Keseruan momen itu nampaknya kini sulit kita rasakan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.