Sukses

Terlalu Lama Menatap Layar Komputer, Kulit Bisa Alami Tanda-Tanda Penuaan Dini

Terlalu sering menatap layar laptop tanpa disadari berakibat fatal bagi kesehatan kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta Semenjak pandemi global mengancam kehidupan, segala rutinitas dialihkan dengan sistem online. Kini, perangkat elektronik seperti laptop, bagaikan teman hidup yang menemani selama beraktivitas di dalam rumah. 

Akibatnya, hidup terasa semakin jenuh lantaran ruang pergerakan yang dipersempit hanya dengan menatap layar laptop. Lama-lama, kebiasaan ini akan memunculkan beragam gangguan kesehatan.

Tahukah Anda kebiasaan mengikuti pertemuan daring bisa memicu tanda-tanda penuaan pada kulit? Berikut ulasannya, melansir dari Indian Express:   

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membelokkan citra diri

Tak dipungkiri aktivitas online kerap mengalihkan perhatian, apalagi jika melihat wajah teman yang tampil lebih baik dibandingkan Anda. 

Persepsi ini muncul selama Anda menatap layar berjam-jam hingga berusaha membelokkan cita diri Anda.

"Beberapa di antaranya disebabkan oleh faktor cahaya dan angle, yang saya sebut 'Zoom Face'," kata Dr. Rajani Katta, dokter kulit yang berbasis di Texas kepada CNN.

 

3 dari 4 halaman

Gelisah dan stres berlebihan

Mustahil bila Anda tak merasa jenuh selama mengikuti pertemuan daring seharian. Fatalnya, ini bisa berdampak pada tingkat kestresan Anda yang pada akhirnya merusak kesehatan kulit dengan meninggalkan garis-garis samar. 

Stres yang berlarut-larut berdampak pada kualitas tidur Anda, kelopak mata bengkak dan mata panda menjadi pemandangan buruk di pagi hari. 

Saat stres, tubuh Anda akan banyak melepaskan kortisol yang amat dibutuhkan untuk produksi kolagen. Jika itu terhenti, permukaan kulit Anda akan timbul keriput samar. Sebab, kolagen adalah obat ampuh atasi keriput. 

4 dari 4 halaman

Lalu, bagaimana mengatasinya?

Untuk mencegahnya, Anda bisa mulai membiasakan diri menggunakan produk kecantikan untuk anti-aging dan bahan yang mengandung minyak jojoba atau minyak biji bunga matahari.  

Guna hasil yang optimal, Anda butuh mengonsumsi makanan kaya antioksdan. Kemudian, pada siang hari Anda bisa yoga atau meditasi untuk mengatur pernapasan agar tetap fokus dan mengurangi efek stres. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.