Jangan Lakukan 7 Hal Ini dalam Keadaan Perut Kosong

Oleh Camelia pada 10 Mei 2021, 09:01 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 09:01 WIB
Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Berbagai aktivitas kerap membuat orang terlalu sibuk dan lupa untuk makan. Sementara itu mereka melakukan banyak hal yang nyatanya tak boleh dilakukan ketika perut kosong.

 

Tanpa disadari banyak hal yang dikonsumsi banyak orang saat perut kosong yang dapat mengganggu kesehatan. Dikutip dari Bright Side, berikut deretan hal yang sebaiknya tak kalian lakukan saat keadaan perut kosong.

Minum Obat Antiradang 

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Perbesar
Ilustrasi Obat Pereda Nyeri Credit: pexels.com/pixabay

Aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya tidak dapat dikonsumsi saat perut kosong. Tidak hanya mengurangi keefektifannya tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti pendarahan lambung.

2 dari 8 halaman

Minum Kopi

Ilustrasi minum kopi
Perbesar
Ilustrasi minum kopi (Dok.Pixabay)

Sebaiknya Anda tak minum kopi saat perut dalam keadaan kosong. Bahkan kopi tanpa kafein dapat merangsang produksi asam yang dapat menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan lainnya jika diminum saat perut kosong. Melewatkan sarapan bahkan setelah minum kopi dapat menyebabkan kekurangan serotonin dan menyebabkan suasana hati yang suram sepanjang hari.

3 dari 8 halaman

Minum Alkohol

Ilustrasi Miras (Image by Michal Křenovský from Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi Miras (Image by Michal Křenovský from Pixabay)

Tanpa makan, laju penyerapan alkohol dalam tubuh meningkat dan sama seperti saat injeksi intravena. Sebaliknya, penghilangan produk pengurai alkohol melambat, yang memicu mabuk parah. Efek cepat alkohol pada tubuh bukan tanpa konsekuensi negatif bagi hati, jantung, dan ginjal Anda.

4 dari 8 halaman

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet
Perbesar
Ilustrasi Mengunyah Permen Karet Credit: pexels.com/pixabay

Asam pencernaan yang dihasilkan saat Anda mengunyah permen karet dapat menghancurkan lapisan perut yang kosong. Secara ilmiah juga terbukti bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih menyukai junk food (kentang goreng, permen) daripada buah dan sayuran.

5 dari 8 halaman

Tidur

Mengubah Posisi Tidur
Perbesar
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Kelaparan dan kadar glukosa yang rendah mencegah kita tertidur dengan nyenyak dan menyebabkan bangun lebih awal. Menariknya, kurang tidur meningkatkan tingkat hormon rasa lapar. Inilah alasan mengapa banyak dari kita yang makan lebih banyak keesokan harinya setelah melewatkan makan malam.

6 dari 8 halaman

Olahraga Intensif

Ilustrasi olahraga, stretching
Perbesar
Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)

Ada pendapat bahwa berolahraga dengan perut kosong akan membakar lebih banyak kalori. Sebenarnya, itu tidak mempengaruhi kehilangan lemak tapi Anda akan kehilangan masa otot. Intensitas latihan juga akan berkurang karena tubuh kekurangan energi.

7 dari 8 halaman

Minum Jus Jeruk

Ilustrasi Jeruk
Perbesar
Ilustrasi jeruk (dok. Pixabay.com/pixel2013/Putu Elmira)

Asam dan serat keras yang terkandung dalam buah jeruk akan mengiritasi perut kosong Anda, yang sangat berbahaya bagi penderita gastritis atau berisiko memperparahnya.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓