Bernutrisi Penting, 10 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Rambut

Oleh Liputan6.com pada 09 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi kacang-kacangan
Perbesar
Ilustrasi kacang-kacangan (Sumber: Pixabay/ExploreBob)

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota untuk banyak perempuan. Walaupun sebenarnya tidak hanya perempuan, laki-laki pun harus tetap menjaga kesehatan rambutnya. Itu mengapa rambut yang indah dan berkilau pasti didambakan semua orang.

Beragam perawatan rambut yang ada di salon juga dicoba untuk bisa membuat rambut menjadi lebih sehat. Namun, sebaiknya tidak hanya perawatan dari luar, perlu adanya asupan makanan sehat untuk rambut agar sehat bersinar.

Melansir dari Verywell Fit, rambut sehat bergantung pada nutrisi penting tertentu, termasuk protein, asam lemak omega-3, zat besi, seng, kalsium, biotin, dan vitamin A, C, E, dan D. Jika Anda bisa mengonsumsi makanan yang bervariatif maka bisa mendapatkan banyak vitamin dan mineral tersebut.

Berikut ini 10 makanan teratas yang berkontribusi baik untuk membuat rambut menjadi lebih sehat.

1. Ikan

Ilustrasi ikan salmon
Perbesar
Ilustrasi ikan salmon (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Ikan salmon dan tuna kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D, yang mana akan sangat baik untuk kesehatan rambut. Salmon atau tuna juga bisa dikonsumsi bersama dengan salad sayuran hijau yang segar. Ikan haring, sarden, ikan trout juga bisa diandalkan karena kaya akan omega-3.

2. Sayuran Hijau Berdaun Gelap

Ilustrasi bayam
Perbesar
Ilustrasi bayam (Sumber: Pixabay/ponce_photography)

Sayuran seperti bayam, lobak Swiss, dan kangkung merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalsium, dan vitamin C, yang tentu akan baik untuk rambut. Beragam sayuran tersebut bisa dikonsumsi sebagai bahan dasar untuk salad atau pun tumisan dengan sedikit minyak zaitun dan bawang putih, sajikan sebagai lauk yang lezat.

3. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan
Perbesar
Ilustrasi kacang-kacangan (Sumber: Pixabay/ExploreBob)

Kacang almond, pecan, kenari mengandung protein nabati, biotin, mineral, dan juga vitamin E. Tak hanya itu, kenari adalah sumber asam lemak omega-3. Makan kenari mentah sebagai camilan atau taburi salad dengan kacang pecan panggang juga bisa menjadi ide untuk mencampurkan kacang pada makanan Anda.

4. Ubi Jalar dan ubi

Ilustrasi ubi jalar
Perbesar
Ilustrasi ubi jalar (Sumber: Pixabay/ivabalk)

Ubi jalar dan ubi juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan kalsium yang akan baik pada kesehatan rambut tiap orang. Mengonsumsinya bisa dengan memanggang ubi jalar dan taburi dengan sedikit molase akan menambahkan kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya.

5. Telur

Ilustrasi telur
Perbesar
Ilustrasi telur (Sumber: Pixabay/Couleur)

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang berkontibusi baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dan E, yang ditambah dengan zat besi dan kalsium juga akan perbanyak nutrisi baik untuk rambut.

6. Kacang Polong

Ilustrasi kacang polong
Perbesar
Ilustrasi kacang polong (Sumber: Pixabay/piviso)

Kacang, lentil, dan kedelai ini kaya akan protein, seng, zat besi, dan biotin yang sudah jelas akan baik untuk rambut. Menikmati kacang panggang juga bisa disandingkan dengan ubi panggang sehingga memberikan nutrisi baik yang banyak untuk tubuh, dan tentunya rambut.

7. Tiram

Ilustrasi tiram
Perbesar
Ilustrasi tiram 9Sumber: Pixabay/jsbaw7160)

Di dalam tiram mengandung seng yang sangat tinggi, ditambah lagi juga kaya akan protein. Menikmati tiram yang mentah dengan setengah cangkangnya bisa memberikan manfaat yang baik untuk rambut. Kalau tidak, siapkan sup tiram hangat untuk makan malam.

8. Susu dan produk susu

Ilustrasi susu
Perbesar
Ilustrasi susu (sumber: Pixabay/Couleur)

Susu dan produk susu tinggi akan protein, vitamin D, dan kalsium yang akan berikan dampak baik pada rambut. Greek yogurt yang disajikan bersama madu dan buah beri, serta kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan atau pun makanan penutup. Sebagai alternatif, susu yang terbuat dari almond dan kedelai juga merupakan pilihan yang baik.

9. Paprika Merah

Ilustrasi paprika merah
Perbesar
Ilustrasi paprika merah (Sumber: Pixabay/pasja1000)

Pada paprika merah terkandung vitamin A dan C yang tinggi. Menaburi irisan paprika mentah ke tumisan sayuran juga bisa menjadi menu pilihan untuk nikmati paprika yang akan baik untuk kesehatan rambut.

10. Daging Sapi tanpa Lemak

Ilustrasi daging sapi
Perbesar
Ilustrasi daging sapi (Sumber: Pixabay/gate74)

Sapi memiliki daging yang kaya akan protein dan seng yang sangat baik untuk tubuh. Namun, pilihlah yang tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat yang seutuhnya. Menambahkan irisan steak daging sapi tanpa lemak ke dalam salad atau masak potongan daging pada tumisan bisa dijadikan pilihan untuk menyantap daging sapi.

Beragam makanan di atas memang sangat baik untuk kesehatan rambut, tetapi menjaga kesehatan rambut dari luar pun harus tetap dilakukan. Nutrisi yang baik pada makanan akan berdampak pada keseluruhan tubuh, termasuk rambut, maka cobalah untuk melakukan pola makan sehat.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓