Resep Roti Kacang Kurma, Teksturnya Renyah dan Lembut di Mulut

Oleh Liputan6.com pada 10 Mei 2021, 10:01 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 10:01 WIB
Ilustrasi roti
Perbesar
Ilustrasi roti (Sumber: Pixabay/TheoCrazzolara)

Liputan6.com, Jakarta - Kelembutan roti yang berpadu dengan kerenyahan kacang almond memberikan tekstur yang menarik dimakan, apalagi dengan tambahan manisnya kurma yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. 

Kurma memiliki rasa manis yang alami sehingga tidak perlu ditambahkan gula ke dalam resep. Melansir dari Eating Well, Kamis (6/5/2021), topping gula kasar juga bisa ditaburkan untuk mempercantik roti

Roti yang berdahan dasar tepung, kurma dan kacang almond ini baik untuk kesehatan karena memiliki kalori yang rendah. Beragam manfaat yang diberikan tiap bahan baku dengan nutrisi baik untuk tubuh.

Pada kacang almond juga terkandung banyak nutrisi baik, berikut beberapa kandungan dalam almond serta manfaat untuk kesehatan.

2 dari 6 halaman

Nutrisi dalam Kacang Almond

Ilustrasi kacang almon
Perbesar
Ilustrasi kacang almon (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Melansir dari Verwell Fit, Kamis (6/5/2021), kacang almond adalah sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada kacang lainnya. Hal itu yang menjadikannya beberapa individu memilihnya untuk menjalani diet rendah kalori.

Almond juga makanan yang tinggi lemak, menyediakan sekitar 22% dari jumlah lemak harian yang direkomendasikan dalam satu ons. Namun, sebagian besarnya merupakan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki sifat pelindung jantung.

Dalam kacang almon juga terkandung sumber protein yang baik, dengan sejumlah kecil asam amino esensial dan non-esensial. Pada satu ons almon mengandung 37% asupan vitamin E, 8% kalsium, dan 6% zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

Vitamin E memberikan sifat anti-oksidan dan mendukung fungsi kekebalan tubuh. Sedangkan kalsium penting untuk menjaga struktur gigi dan tulang. Begitu pun dengan zat besi yang akan membantu produksi hormon tertentu dan membawa oksigen ke otot.

Nutrisi tersebut memberikan manfaat kesehatan seperti kandungan lemak tak jenuh tunggal, serat dan vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sterol dan flavonoid tumbuhan juga menyehatkan jantung dan menawarkan manfaat antioksidan.

Makanlah dengan kulitnya karena flavoniod terfokus pada kulitnya. Almond adalah sumber mangan dan magnesium yang kaya. Mangan berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, asam amino dan kolesterol.

3 dari 6 halaman

Bahan-Bahan

Ilustrasi kacang dan kurma
Perbesar
Ilustrasi kacang dan kurma (Sumber: Pixabay/garavitotfe)

Bahan-bahan di bawah ini akan dicukupkan untuk 16 porsi atau potong roti, sehingga sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut ini beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti kacang kurma:

  • 1 (8 ons) paket diadu seluruh tanggal, dipotong
  • ½ cangkir kacang almond iris, sangrai dan cincang kasar
  • 1 ½ gelas air mendidih
  • 1 cangkir tepung serbaguna
  • 1 cangkir tepung terigu utuh
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh sirup jagung berwarna cerah (opsional topping)
  • 1 sendok makan gula pasir kasar (opsional topping)
4 dari 6 halaman

Cara Pembuatan

Ilustrasi adonan
Perbesar
Ilustrasi adonan (Sumber: Pixabay/congedesign)

Proses pembuatan roti kacang kurma ini memakan waktu selama 20 menit, sedangkan waktu pemanggangan bisa memakan waktu 1 jam. Berikut langkah-langkah untuk membuat roti kacang kurma.z

  1. Tempatkan kurma pada mangkuk sedang, lalu tuang air mendidih pada magkuk berisi kurma tersebut.
  2. Diamkan kurma tersebut sekitar 20 menit atau sampai kurma lunak dan campuran air agak dingin
  3. Panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 176 derajat Celcius atau 350 derajat Fahrenheit
  4. Ambil loyang untuk adonan, lalu olesi dengan mentega.
  5. Untuk adonan roti, masukkan ke dua tepung, soda kue, baking powder, dan garam ke dalam sebuah mangkuk besar untuk dicampurkan dengan rata.
  6. Di mangkuk kecil lain, kocok telur dan vanili dengan menggunakan garpu.
  7. Masukkan kocokkan telur tersebut ke dalam kurma yang sudah didinginkan tadi, kemudian aduk sebentar.
  8. Campuran telur dan kurma tersebut lalu ditambahkan ke adonan tepung dan juga masukkan kacang almond, aduk sampai rata hingga menjai adonan yang kental.
  9. Masukkan adonan tersebut pada loyang yang sudah disiapkan tadi, lalu panggang selama 50-55 menit pada oven.
  10. Saat mencapai 50 menit coba tusukkan sumpit pada roti dan jika sumpit di keluarkan bersih maka roti sudah matang, tetapi jika belum cobalah menunggu 5-10 menit lagi.
  11. Diamkan pada suhu ruang selama 10 menit sebelum disajikan.
  12. Roti kacang kurma bisa ditambahkan topping gula kasar dan sirup jagung yang akan membuat presentasi makanan menarik.

Tips: Untuk memanggang kacang, olesi dalam loyang dangkal yang dilapisi kertas roti. Panggang dalam oven 350 derajat F selama 5 sampai 10 menit atau sampai keemasan, kocok loyang sekali atau dua kali.

5 dari 6 halaman

Fakta Nutrisi

Ukuran satu potong kue atau roti mengandung 118 kalori; protein 3.4g; karbohidrat 22,5g; serat makanan 2.7g; gula 9.3g; lemak 2,3g; lemak jenuh 0.2g; vitamin a iu 49.1IU; vitamin c 0,1 mg; folat 28.1mcg; kalsium 26mg; besi 1mg; magnesium 29,7mg; kalium 166,3mg; natrium 174,8mg.

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

6 dari 6 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓