5 Cara Menggunakan Pare untuk Wajah, Si Pahit yang Bikin Kulit Cantik

Oleh Yulia Lisnawati pada 05 Mei 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 19:00 WIB
Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pare menjadi sayuran yang tidak disukai sebagian besar individu karena rasanya yang pahit. Biasanya pare banyak diolah menjadi berbagai masakan tradisional.

Meski rasanya tak banyak disukai, namun nyatanya pare memiliki manfaat menakjubkan untuk kulitmu. Sayuran hijau ini dikemas dengan nutrisi dan sifat antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan pare untuk kesehatan kulit Anda? Berikut ulasannya seperti melansir dariĀ Boldsky, Rabu (5/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Pare, Lidah Buaya dan Madu

ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Butsaya/shutterstock
Perbesar
ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Butsaya/shutterstock

Madu mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membuat kulit terhidrasi, lembut dan kenyal. Aloe vera mengandung berbagai khasiat yang menengkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, sengatan matahari, flek dan lainnya.

Bahan yang diperlukan, 3-4 iris pare, 1 sdm gel lidah buaya segar dan 1 sdt madu. Lalu buang biji pare dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan gel lidah buaya dan madu dan haluskan secara bersamaan untuk membuat pasta.

Oleskan campuran ini pada wajah dan lehermu. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Ulangi ini setiap hari untuk hasil yang diinginkan.

3 dari 7 halaman

2. Pare, Kemangi, Neem dan Susu

Tingginya Kandungan Kalsium
Perbesar
Ilustrasi Susu Kambing Etawa Credit: unsplash.com/Engin

Kemangi membuka pori-pori kulit untuk menghilangkan kotoran dari kulit dan dengan demikian membersihkan kulit. Sementara susu menjadi exfoliator yang lembut untuk kulit dan memiliki efek menenangkan pada kulit.

Bahan yang diperlukan, 1 pare, segenggam daun kemangi, segenggam daun neem dan 1 sdt susu. Lalu masukkan semua bahan dalam blender, haluskan hingga menjadi pasta.

Kemudian, oleskan pasta secara merata di wajahmu. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

3. Pare dan Mentimun

Mentimun
Perbesar
Ilustrasi Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjaga kelembapan kulit. Selain itu, bahan ini juga membersihkan kulit dan meredakan iritasi kulit. Campuran pare dan mentimun akan membantu membersihkan kulitmu dan membuat kulitmu bercahaya alami.

Bahan yang diperlukan, 1/2 pare dan 1/2 mentimun. Buang biji pare dan mentimun, lalu iris kecil-kecil. Campurkan keduanya bersama-sama dalam mixer untuk membuat pasta.

Kemudian oleskan pasta ini pada wajah dan lehermu. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi perawatan ini setiap hari untuk hasil yang diinginkan.

5 dari 7 halaman

4. Pare, Kuning Telur dan Yogurt

Ilustrasi Kuning Telur
Perbesar
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

Sarat dengan nutrisi, kuning telur bisa membuat kulit terhidrasi dan lembut. Selain itu, juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu mengencangkan pori-pori kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Oleh karena itu, masker ini membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Bahan yang diperlukan 1 sdm jus pare, 1 sdm yogurt dan 1 kuning telur. Campur semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata.

Lalu oleskan campuran ini secara merata pada wajah dan lehermu. Biarkan selama 20-25 menit. Setelah itu, percikan air di wajahmu dan pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama beberapa detik. Lalu bilas dengan air hangat.

Ulangi perawatan ini setiap dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

6 dari 7 halaman

5. Pare, Air Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/pixabay

Jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan serta mencegah penuaan dini pada kulit.

Tomat memiliki khasiat astringent dan dengan demikian mengecilkan pori-pori kulit untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan noda.

Yang kamu butuhkan 1 sdm jus pare, 1 sdm jus tomat dan 1 sdm jerut nipis. Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk.

Lalu oleskan campuran ini pada wajahmu sebelum kamu tidur. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari menggunakan air hangat. Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓