6 Momen yang Bikin Hari Raya Idul Fitri di Indonesia Seru Banget

Oleh Syifa Aulia pada 11 Mei 2021, 10:01 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 10:31 WIB
Maaf
Perbesar
Ilustrasi Merayakan Idul Fitri Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Setelah 1 bulan berpuasa, umat Islam akan merayakan hari kemenangan yang disebut dengan hari raya Idul Fitri. Menjelang atau saat hari raya tiba, di Indonesia memiliki tradisi unik yang tidak pernah dilewatkan.

Momen Idul Fitri ini menjadi ajang silaturahmi dan saling memaafkan kepada semua orang. Hal ini karena Idul Fitri merupakan hari yang suci, sehingga siap untuk mengawali lembaran baru.

Banyak momen seru yang terjadi menjelang atau saat hari raya tiba. Meskipun momen itu selalu berulang setiap tahunnya, tetapi keseruan yang dirasakan tidak pernah hilang. Seperti beberapa momen di bawah ini.

1. Membuat Kue Lebaran

Ilustrasi nastar.
Perbesar
(Sumber Merdeka.com)

Kue lebaran ini sudah menjadi ciri khas setiap Idul Fitri atau lebaran. Menjelang lebaran, pasar mulai ramai dikunjungi untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan. Proses pembuatan kue ini menjadi sangat menyenangkan meskipun terasa lelah. Beberapa macam kue yang tidak pernah absen setiap Idul Fitri, yaitu nastar, putri salju, dan kastangel.

2. Berburu Baju Baru

5 Momen Seru Jelang Lebaran Paling Dinanti
Perbesar
Ilustrasi membeli baju baru bersama keluarga.

Hampir semua orang menyiapkan baju dan sandal baru untuk dipakai saat lebaran. Ini karena Idul Fitri identik dengan hari yang suci atau memulai lembaran baru, sehingga banyak orang memaknainya dengan mengubah penampilan menjadi baru. 

3. Mudik

Ilustrasi Mudik (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Ilustrasi Mudik (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Banyak warga Indonesia yang merantau untuk bekerja. Sehingga saat lebaran tiba, mereka akan kembali pulang ke daerah asalnya. Ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Mereka bahkan rela merasakan macet di perjalanan atau berhimpitan di angkutan umum. Pada momen ini, semua keluarga berkumpul untuk melepas rindu.

4. Bagi-bagi THR

Ilustrasi THR.
Perbesar
Ilustrasi THR. (Liputan6.com)

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah hal yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran. Di Indonesia, pembagian THR ini sering kali ditujukan kepada anak-anak dan remaja. Mereka biasanya diberi uang baru yang sudah dimasukkan ke dalam amplop. Namun, ada juga yang tidak memakai amplop.

Di momen ini, mereka akan berkeliling mendatangi saudara dan tetangga untuk meminta THR. Kemudian, saling memamerkan jumlah uang yang didapat.

5. Makan Ketupat

ilustrasi ketupat lebaran/pexels
Perbesar
ilustrasi ketupat lebaran/pexels

Kegiatan makan ketupat ini biasanya dilakukan setelah selesai sholat Idul Fitri. Sebelum berkeliling untuk bersalaman, orang-orang akan menyantap ketupat dengan hidangan daging, seperti rendang, opor ayam, atau sup daging.

6. Salaman Keliling

Umat Islam Aboge bersalam-salaman saling memaafkan pada Hari Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah yang dirayakan Sabtu, 16 Juni 2018, atau selang sehari setelah ketetapan pemerintah. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Umat Islam Aboge bersalam-salaman saling memaafkan pada Hari Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah yang dirayakan Sabtu, 16 Juni 2018, atau selang sehari setelah ketetapan pemerintah. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Tradisi salaman keliling ini sepertinya tidak akan pernah hilang setiap Idul Fitri. Sebab, semua umat Islam akan saling memaafkan saat Idul Fitri. Sehingga mereka akan berkeliling untuk menemui tetangga. Ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi yang tidak pernah atau jarang bertemu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓