Sukses

Enggak Bikin Gendut, 10 Camilan Larut Malam yang Sehat dan Bergizi

Saat malam hari merasakan kelaparan, camilan yang sehat dan bergizi menjadi makanan yang harus dipilih untuk menjaga kesehatan. Berikut beberapa camilan sehat dan bergizi kala larut malam.

Liputan6.com, Jakarta Saat sudah larut malam, terkadang perut mengalami kelaparan tetapi Anda telah melalui makan malam. Mungkin saja juga menjalani malam yang sibuk karena seharian lembur bekerja atau tidak bisa tidur karena perut terus menggeram.

Pilihlah camilan yang sehat untuk bisa menjaga kesehatan tubuh, apalagi jika Anda sedang melakukan pola diet yang teratur. Dalam melakukan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi akan sangat baik untuk tubuh.

Melansir dari Verywell Fit,  berikut ini 10 rekomendasi camilan yang bisa dikonsumsi saat sudah larut malam. Makanan-makanan ini akan membantu Anda mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sereal dan Susu

Biasanya pasangan sereal dan susu dinikmati saat sarapan, tetapi ini juga bisa menjadi camilan saat larut malam. Sereal dan susu ini akan bisa membantu Anda untuk tertidur. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makan karbohidrat tinggi (sereal berbasis jagung) glikemik akan mempercepat waktu untuk tertidur.

Walaupun begitu tetap harus menjaga porsinya dibawah 300 kalori, biasanya pada satu cangkir cornflake memiliki 100 kalori, dan setengah cangkir susu skim memiliki 45 kalori. Hal tersebut bisa memenuhi konsumsi tubuh Anda.

Produk susu mengandung kalsium, mineral yang berperan langsung dalam produksi hormon tidur melatonin. Selain itu, ia juga bertindak sebagai relaksan alami dalam tubuh.

3 dari 11 halaman

2. Semangkuk Buah Beri

Buah beri ini mengandung serat yang akan membantu Anda untuk kenyang. Selain itu, buah beri juga mengandung magnesium, mineral yang melemaskan saraf dan otot untuk mempercepat tidur.

Semangkuk buah beri ini bisa disajikan dengan polos atau bisa disajikan bersama kacang cincang atau granola, atau sedikit susu.

4 dari 11 halaman

3. Selai kacang dan Jelly

Selai kacang mengandung asam amino yang disebut triptofan yang diubah di otak menjadi melatonin untuk meningkatkan rasa kantuk. Selai kacang juga enak dinikmati bersama roti dan jelly, yang juga memberikan karbohidrat sehingga triptofan lebih tersedia untuk otak.

PB&J atau selai kacang dan jeli juga memang sering dijadikan camilan sebelum tidur di luar negeri. Bisa juga memiliki roti gandum yang utuh serta  selai kacang yang bebas gula.

5 dari 11 halaman

4. Keju dan Biskuit

Jika Anda juga menginginkan camilan yang gurih saat di malam hari, bisa dengan keju dan biskuit. Perhatikan porsi yang akan dikonsumsi jika Anda sedang menurunkan berat badan karena keju bisa menjadi tinggi kalori dan lemak jika Anda memakannya dalam porsi besar.

Pilihan yang baik juga gunakan biskuit gandum yang utuh karena mengandung serat pengisi. Bisa juga ditambahkan buah-buahan segar atau sayuran segar.

6 dari 11 halaman

5. Yogurt dan Buah

Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh, yang juga dikaitkan dengan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Pastikan juga memilih yogurt yang tidak mengandung banyak gula.

Pilih yogurt yang tidak memiliki rasa dan bisa menambahkan rasanya dengan kacang cincang dan madu yang kaya dengan antioksidan. Campurkan dengan buah yang Anda suka untuk menikmatinya.

7 dari 11 halaman

6. Sandwich Kalkun

Camilan untuk malam hari lainnya juga bisa dengan sandwich yang memadukan antara ayam kalkun dan roti gandum. Tambahkan juga sepotong tomat, selada, dan sedikit mayo atau mustard. Kombinasi protein dan karbohidrat yang kompleks akan mengisi perut menjadi kenyang.

Jangan terlalu banyak dalam mengonsumsi camilan saat larut malam, karena perut yang terlalu kenyang juga bisa membuat Anda terus terjaga.

8 dari 11 halaman

7. Sayuran Segar dan Saus Mayonaise

Jika menginginkan camilan yang renyah dan rendah kalori, tentu sayuran segar akan menjadi jawabannya. Kombinasi antara wortel, brokoli, mentimun, seledri, zucchini, paprika, dan tomat anggur akan membantu meredakan rasa lapar pada perut.

Saus celup juga bisa disandingkan dengan sayuran itu yang terbuat dari keju cottage yang rendah lemak atau bisa juga dengan greek yogurt.

9 dari 11 halaman

8. Popcorn

Saat menonton film, popcorn akan menjadi camilan yang menyenangkan. Begitu pun saat Anda membutuhkan camilan di malam hari, popcorn bisa menjadi solusinya. Faktanya, 3 cangkir popcorn memiliki kurang dari 100 kalori dan sekitar 4 gram serat untuk memuaskan rasa lapar.

Jangan gunakan mentega untuk menambahkan rasa karena bisa merusak proses penurunan berat badan. Pemberian rasa bisa dengan menggunakan rempah-rempah yang hampir tak mengandung kalori.

10 dari 11 halaman

9. Buah dan kacang segar

Buah dan kacang menyediakan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di dalamnya terkandung vitamin, mineral, protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan juga serat. Hal tersebut menjadikan kombinasi ini sangat bergizi yang akan membuat kenyang sehingga bisa tertidur.

Apel dan pisang dicampurkan dengan segenggam almond akan menjadi perpaduan menarik untuk dicoba. Tak hanya itu, selusin pecan dan kenari akan nikmat jika digabungkan dengan irisan pir. Bisa juga dengan menggunakan selai kacang pada irisan pisang.

11 dari 11 halaman

10. Oatmeal

Semangkuk oatmeal juga bisa dinikmati saat mengalami kelaparan di malam hari. Oatmeal adalah sumber serat pengisi yang sangat baik untuk menjaga kada kolesterol.

Banyak yang lebih menyukai gandum potongan karena tekstur dan rasanya yang unik, tetap membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Jika memiliki sedikit waktu, gantikan dengan oatmeal instan menggunakan susu bebas lemak, 1 sendok makan sirup maple, dan ¼ cangkir buah kering.

 

Apakah Anda tertarik untuk mencoba camilan sehat dan bergizi ini?

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.