Sukses

Kerap Dijadikan Obat Herbal, Ini 8 Nutrisi Penting dalam Daun Anggur

Liputan6.com, Jakarta - Selama berabad-abad, daun anggur telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di Mediterania, daun anggur menjadi makanan populer karena mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, makanan ini juga diyakini dapat membuat jantung lebih sehat. Dikutip dari SF Gate, Selasa (04/05/2021), masyarakat Vietnam, Yunani, Rumania, dan Turki menjadikan daun anggur sebagai bagian dari menu masakan mereka.

Daun ini masuk ke dalam daftar sayuran hijau tua dan menu makanan mingguan. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, daun ini menyimpan banyak nutrisi penting. Berikut daftar nutrisinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Serat

Daun anggur mengandung serat yang tinggi. Serat ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat seseorang kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Bagi pengidap diabetes, serat sangat diperlukan karena dapat memperlambat penyerapa gula.

3 dari 9 halaman

2. Magnesium

Magnesium ini sangat membantu meningkatkan fungsi tubuh. Mineral ini dapat membantu tulang menjadi lebih kuat, meningkatkan energi, meningkatkan fungsi memori, menyehatkan jantung dan mengontrol kadar gula darah.

4 dari 9 halaman

3. Vitamin A

Vitamin A berperan penting untuk meningkatkan beberapa fungsi tubuh. Menyehatkan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi paru-paru, jantung dan ginjal. Selain itu, vitamin A juga membantu perkembangan sel-sel tubuh.

5 dari 9 halaman

4. Vitamin C

Vitamin C berperan penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Sehingga dapat mempercepat waktu penyembuhan luka dengan pembentukan kolagen.

Vitamin yang dikenal sebagai asam askorbat ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu menyerap zat besi.

6 dari 9 halaman

5. Vitamin E

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi udara. Kedua hal tersebut hampir tidak dapat dihindari dalam aktivitas sehari-hari. 

7 dari 9 halaman

6. Vitamin K

Pembekuan atau gumpalan darah dapat dikontrol dengan vitamin K. Ini dapat terjadi ketika mengalami cedera yang menghalangi keluarnya aliran darah.

8 dari 9 halaman

7. Zat Besi

Zat besi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Satu cangkir daun anggur ternyata mengandung 0,37 mg zat besi.

Kandungan ini setara dengan 2% kebutuhan harian untuk perempuan dan 4% untuk laki-laki. Beberapa penyakit seperti lelah dan pusing dapat terjadi pada orang yang kekurangan zat besi

9 dari 9 halaman

8. Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekuatan serta menyehatkan tulang dan gigi. Menurut Linus Pauling Institute, terdapat 51 mg kalsium pada secangkir daun anggur.

Ini berarti 5% kalsium yang dibutuhkan telah terpenuhi setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.